949 Pantarlih se-Kota Kendari Resmi Bertugas, Masyarakat Diimbau Proaktif

Riksan Jaya, telisik indonesia
Selasa, 25 Juni 2024
0 dilihat
949 Pantarlih se-Kota Kendari Resmi Bertugas, Masyarakat Diimbau Proaktif
Prosesi pelaksanaan coklit di Kelurahan Labibia, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari. Foto: Kolase

" 949 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) atau pantarlih se-Kota Kendari telah resmi bertugas sejak Senin (24/5/2024). Pantarlih bertugas mendata calon pemilih untuk pilkada tahun 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - 949 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) atau Pantarlih se-Kota Kendari telah resmi bertugas sejak Senin (24/5/2024). Pantarlih bertugas mendata para calon pemilih dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2024.

Kadiv Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kota Kendari, Hans Aristarcus Rompas mengatakan, pantarlih yang telah dilantik berjumlah 949 dari masing-masing kelurahan di Kota Kendari.

“Jadi hari ini teman-teman pantarlih se-Kota Kendari dari 65 kelurahan melakukan pelantikan di masing-masing kelurahan dan pengambilan sumpah pantarlih,” sebutnya, Senin (24/6/2024).

Hans menyampaikan bahwa pencocokan dan penelitian merupakan langkah awal untuk mendata pemilih di masing-masing TPS bagi setiap warga yang sudah masuk sebagai calon pemilih.

“Teman-teman pantarlih itu memiliki posisi yang strategis dalam menentukan kualitas pilkada serentak di tahun 2024,” tandasnya.

Baca Juga: Dianggap Suara Penentu Pilkada, Sejumlah Masyarakat Lakukan Konsolidasi

Harapannya pantarlih bekerja dengan baik dan benar karena hasil dari coklit yang dilakukan oleh pantarlih akan menjadi bahan penyusunan daftar pemilu yang komprehensif, akurat, valid dan mutakhir.

Dalam pelaksanaannya, Hans menerangkan, sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh KPU RI, pencocokan dan penelitian data pemilih dimulai pada tanggal 24 Juni hingga 24 Juli 2024.

Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kota Kendari, Arham mengatakan, seluruh proses coklit ini akan diawasi oleh Bawaslu Kota Kendari dan jajaran guna memastikan proses coklit berlangsung sesuai dengan ketentuan serta mencegah terjadinya dugaan pelanggaran.

Arham juga mengimbau masyarakat untuk proaktif memberikan informasi yang benar dan akurat kepada petugas pantarlih.

Baca Juga: Mahasiswa dan Dosen UMK Kunjungan Kuliah Lapangan ke Kantor Telisik.id

“KPU sudah membuka layanan pengaduan bagi warga yang merasa belum terdata atau menemukan ketidaksesuaian data, namun bagi masyarakat yang merasa tidak mendapatkan haknya bisa menyampaikan kepada kami, kita pastikan semua bisa mendapat haknya dalam pesta demokrasi nanti,” imbuhnya, Selasa (25/6/2024).

Salah seorang petugas pantarlih asal Kelurahan Anggilowu, Nur Aisah mengatakan, sebagai bagian dari proses pesta demokrasi, dirinya siap menjalankan tugas dengan integritas dan profesionalisme yang tinggi.

“Anggilowu medannya berbukit, kami sebagai masyarakat menerima hal tersebut. Saya sudah siap menjalankan tugas,” ungkapnya. (A)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga