Air Bersih Mulai Mengalir di Oempu Muna

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 08 Oktober 2023
0 dilihat
Air Bersih Mulai Mengalir di Oempu Muna
Bupati Muna, LM Rusman Emba meresmikan air bersih di Desa Oempu. Foto: Sunaryo/Telisik

" Masyarakat Desa Oempu, Kecamatan Tongkuno, Kabupaten Muna ucap syukur atas mengalirnya air bersih yang dinanti-nantikan sejak puluhan tahun lamannya "

MUNA, TELISIK.ID - Masyarakat Desa Oempu, Kecamatan Tongkuno, Kabupaten Muna ucap syukur atas mengalirnya air bersih yang dinanti-nantikan sejak puluhan tahun lamannya.

Kepala Desa (Kades) Oempu, Safar menerangkan, mengalirnya air bersih itu tidak terlepas dari perhatian Bupati, LM Rusman Emba.

"Ini semua berkat pak bupati, yang memperjuangkan mendapatkan program Pamsimas," kata Safar, Minggu (8/10/2023) di sela-sela peresmian air bersih.

Air bersih yang dibangun menggunakan APBN sebesar Rp 400 juta itu akan mengaliri sedikitnya 250 kepala keluarga (KK).

Baca Juga: Usulan Dana Hibah Pilkada Bawaslu Muna Rp 21,2 Miliar Direview Inspektorat

"Kita berharap tahun depan ada tambahan dana dari pemda untuk pemasangan jaringan perpiaan untuk memenuhi 879 KK," ujarnya.

Selain air bersih, tahun ini juga, desanya mendapatkan dana dari Kemendes sebesar Rp 400 juta untuk pengembangan lokasi wisata Moko. Dana itu digunakan untuk membangun tiga buah gazebo, kamar ganti dan lapak-lapak UMKM.

"Anggaran Rp 400 juta itu didapat, karena Oempu masuk ketegori desa wisata," terangnya.

Di balik itu, masih ada kendala yang dihadapi. Adalah akses jalan menuju lokasi wisata Moko yang rusak parah. Ia berharap ada perhatian dari pemda.

Baca Juga: Ini Konstruksi Perkara Dugaan Korupsi di Buton Utara yang Menyeret 3 Tersangka

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba mengatakan, persoalan air bersih menjadi prioritas dituntaskan. Selain di Oempu, tiga kecamatan lainnya  yakni Lohia, Kontunaga dan Watoputeh sudah dilakukan pengerjaan.

"Insya Allah, kita akan tuntaskan. Karena air bersih ini merupakan kebutuhan dasar masyarakat," katanya.

Mantan senator DPD RI itu juga menjawab apa yang menjadi kekurangan di Oempu menyangkut perpipaan dan akses jalan. Katanya, tahun 2024 akan di anggarkan.

"Di APBD 2024 menjadi prioritas," tandasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga