Pj Bupati Muna Barat Tinjau Ulang Sasaran Program Dana Pinjaman

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 02 Juni 2022
0 dilihat
Pj Bupati Muna Barat Tinjau Ulang Sasaran Program Dana Pinjaman
Pj Bupati Muna Barat, Bahri dan Wakil Ketua DPRD, Agung Darma. Foto : Ist.

" Pj Bupati, Bahri meninjau ulang sasaran program yang akan dibiayai pinjaman "

MUNA BARAT, TELISIK.ID- Keberpihakan anggaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat belum memihak pada pembangunan infrastruktur dasar yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Hampir setiap tahun, APBD diporsikan hanya untuk peningkatan ring road (jalan lingkar). Parahnya lagi, pada usulan pinjaman di PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebesar kurang lebih Rp 180 miliar, oleh pemerintahan sebelumnya, paling besar dialokasikan untuk ring road lagi. Jumlahnya mencapai Rp 100 miliar.

Pj Bupati Muna Barat, Bahri ketika baru menjabat cukup terkejut, ketika anggaran hanya di push pada ring road. Padahal sesungguhnya, kondisi ring road masih baik. Sementara, jalan-jalan di kecamatan masih banyak yang rusak.

Bahri mengaku, tugasnya tidak diperbolehkan merubah program yang sudah ditetapkan pemerintahan sebelumnya. Namun, karena adanya dinamika dari kalangan DPRD yang inginkan perubahan, maka Ia akan mencoba meninjau ulang sasaran program yang dibiayai pinjaman, khususnya ring road.

"Saya akan bicarakan bersama DPRD dan dudukan bersama TAPD," kata Bahri, Kamis (2/6/2022).

Dalam konteks pemulihan ekonomi nasional, Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) itu mengaku, pembangunan jalan-jalan seperti di wilayah SP (Kambara) yang menjadi sentra produksi pertanian dan perkebunan sangat penting jika dibandingkan dengan ring road.

Baca Juga: Setelah WTP, Pemda Kolaka Utara Diganjar Penghargaan dari Kemendagri

"Saya hanya inginkan pinjaman ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dalam peningkatan perekonomian," ujarnya.

Usulan pinjaman Pemkab saat ini masih berproses di Kemendagri. Nah, sebelum ada persetujuan, Ia akan meminta masukan dari DPRD, terkait program-program prioritas yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Muna Barat, Agung Darma mengatakan, usulan pinjaman pada PT SMI telah disetujui dengan catatan anggaran tidak secara keseluruhan difokuskan pada ring road.

Baca Juga: Dari Ende dan Bajawa, Presiden Jokowi Terbang Lagi ke Waingapu Tanam Sorgum

"Ada berita acara yang ditandatangani 20 anggota DPRD. Kita setujui, anggaranya dibagi merata untuk pembangunan infrastruktur yang bersentuhan dengan masyarakat, bukan saja ring road," kata Agung.

Politisi Demokrat itu, sepakat dengan rencana Pj Bupati, Bahri meninjau ulang sasaran program yang akan dibiayai pinjaman. Karena, kondisi di Bumi Laworo saat ini, masih banyak infrastruktur seperti jalan, drainase, jembatan dan jalan usaha tani yang belum tersentuh APBD.

"Saya sebagai pimpinan dan pribadi, sepakat program pinjaman ditinjau ulang agar benar-benar peruntukannya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Musdar

Baca Juga