Ajang Sultra Stand Up Comedy, Wadah Berekspresi Komika Sulawesi Tenggara

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Minggu, 30 Juli 2023
0 dilihat
Ajang Sultra Stand Up Comedy, Wadah Berekspresi Komika Sulawesi Tenggara
Ketua DPRD Sulawesi Tenggara dan Kapolresta Kendari berfoto bersama para pemenang Sultra Stand Up Comedy. Foto: Ahmad Badaruddin/Telisik

" Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara mengadakan ajang Sultra Stand Up Comedy sebagai wadah para pelaku sekaligus penikmat Stand Up Comedy untuk saling mengekspresikan diri "

KENDARI, TELISIK.ID - Stand Up Comedy adalah sebuah pertunjukan komedi yang menampilkan sebuah monolog berisi humor yang ditampikan langsung di hadapan penonton. Para pelaku Stand Up Comedy biasanya disebut sebagai komika.

Stand Up Comedy menjadi salah satu seni hiburan tersendiri di bidang komedi yang telah populer sejak lama di Sulawesi Tenggara, khususnya di Kota Kendari. Salah satu komunitas Stand Up terkenal di Sulawesi Tenggara adalah Stand Up Indo Kendari.

Stand Up Indo Kendari menjadi tempat berkumpulnya para komika-komika dari berbagai daerah di Sulawesi Tenggara. Melalui Stand Up Indo Kendari, Stand Up Comedy memiliki tempat tersendiri di dunia hiburan masyarakat Sulawesi Tenggara dan telah memiliki penggemar yang cukup banyak.

Melihat perkembangan Stand Up Comedy yang begitu pesat, Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara kemudian mengadakan ajang Sultra Stand Up Comedy sebagai wadah para pelaku sekaligus penikmat Stand Up Comedy untuk saling mengekspresikan diri mereka.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara, Belli Tombili dalam sambutannya pada Jumat (28/7/2023).

"Semoga dengan adanya kegiatan ini, para pelaku Stand Up Comedy dapat mengekpresikan diri mereka lewat karya-karya mereka," paparnya sembari membuka kegiatan Sultra Stand Up Comedy.

Baca Juga: Agil Ismail, Mahasiswa Asal Kendari yang jadi Fasilitator Forum Anak Nasional

Ajang Sultra Stand Up Comedy berlangsung selama 2 hari, mulai dari Jumat (28/7/2023) hingga Sabtu (29/7/2023) yang bertempat di Tougi Cafe.

Ajang ini menghadirkan berbagai Komika dari berbagai daerah di Sulawesi Tenggara yang tampil membawakan materi komedinya sembari memperebutkan gelar juara.

Inal Tora, salah seorang Founder Stand Up Indo Kendari, sekaligus PIC kegiatan ini mengatakan bahwa ada 25 orang peserta yang ikut berkompetisi di ajang ini dan akan keluar 4 besar nantinya.

"Sejauh ini ada 25 peserta yang terdaftar, nanti akan tampil 9 orang untuk final, dan hanya ada 4 orang pemenang," ujarnya pada Telisik.id.

Kriteria pemenang dari kegiatan ini dilihat dari berbagai aspek mulai dari mental, punch line, teknik berkomedi, hingga cara berkomedi yang dibawakan oleh para peserta. Hal ini disampaikan oleh Ovil Putra, Komika Sulawesi Tenggara yang telah mencapai tingkat nasional sekaligus juri dari kegiatan ini.

"Yang pertama itu mentalnya, punch line tentunya sebagai dasar Stand Up Comedy, kemudian teknik menulis dan berkomedi, dan yang paling penting bagaimana mereka bisa berkomedi dengan baik dan jujur," jelasnya kepada Telisik.id.

Acara ini menghasilkan 4 orang pemenang yakni Ical Cempreng sebagai juara keempat, Umar Ridwan sebagai juara ketiga, Jeje Muna sebagai juara kedua dan Dede Niko sebagai juara pertama.

Baca Juga: Sambut Harlah ke-78, Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengara Gelar Sepada Santai dan Lulo

Kepada Telisik.id, Dede Niko mengaku mempersiapkan materi yang akan ditampilkannya selama seminggu.

"Latihan dulu seminggu, campur-campur materi, materi baru sama materi lama," jelasnya.

Acara ini dimeriahkan oleh band lokal Kendari yakni Rockafada dan Wonderkids serta dihadiri oleh Kapolresta Kendari, Kombes Pol Muh. Eka Fathurrahman dan Ketua DPRD Sulawesi Tenggara, Abdurrahman Shaleh. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga