Amankah Makan Gorengan Saat Buka Puasa? Berikut Penjelasannya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 05 April 2022
0 dilihat
Amankah Makan Gorengan Saat Buka Puasa? Berikut Penjelasannya
Ilustrasi gorengan yang banyak diincar masyarakat. Foto: Repro nakita.grid.id

" Salah satu makanan yang diincar masyarakat Indonesia saat menjelang buka puasa di bulan ramadan adalah gorengan "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu makanan yang diincar masyarakat Indonesia saat menjelang buka puasa di bulan ramadan adalah gorengan.

Mengutip liputan6.com, rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah sangat menggoda, namun di balik kenikmatan tersebut justru sangat banyak bahaya makan gorengan saat buka puasa yang bisa ditimbulkan.

Bahaya makan gorengan saat buka puasa ini memang bisa timbul dalam jangka waktu pendek maupun panjang. Itulah mengapa, banyak pakar kesehatan yang kurang menyarankan konsumsi gorengan, terutama jika mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak.

Sebuah riset dalam jurnal Ultrasound International Open juga menjelaskan makanan berminyak mengandung lemak dalam jumlah tinggi. Konsumsi makanan ini akan memperlambat pengosongan perut.

Gorengan akan dicerna lebih lama di dalam perut sehingga dapat menyebabkan kembung, mual, dan sakit perut.

Ketimbang langsung makan gorengan, berbuka puasalah dengan cara yang benar dan sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Jika perlu, Anda sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan saat berbuka puasa. Makanan-makanan itu di antaranya adalah makanan pedas, berlemak, berkafein, dan tinggi gula.

Melansir hellosehat.com, gorengan selain dapat menyebabkan kembung, mual, dan sakit perut juga memiliki sejumlah bahaya lainnya:

1. Menyebabkan iritasi usus

Lemak adalah zat gizi yang paling lambat dicerna dibandingkan karbohidrat, protein, vitamin, dan sebagainya.

International Journal of Molecular Medicine menyebut, makanan berlemak tinggi atau bahaya makanan berminyak dapat memicu sakit perut, kram, dan diare.

Baca Juga: Bunda Wajib Baca, Psikolog Ungkap 4 Tips Ajari Anak Berpuasa Sejak Dini

Kondisi ini dapat terjadi khususnya bagi orang dengan gangguan sistem pencernaan seperti sindrom iritasi usus dan pankreatitis (radang pankreas) akut.

2. Merusak bakteri baik dalam usus

Beberapa penelitian menyebut makanan berminyak dapat membahayakan bakteri baik yang hidup di usus Anda. Kumpulan bakteri ini termasuk ke dalam mikrobiom usus.

Bakteri sehat bekerja untuk mencerna serat, membantu mengendalikan respons tubuh terhadap infeksi, dan membantu meningkatkan kolesterol HDL (baik).

Sering makan gorengan saat buka puasa justru meningkatkan jumlah bakteri usus yang jahat dan mengurangi jumlah bakteri yang baik.

Dalam jangka panjang, perubahan ini berisiko meningkatkan obesitas dan penyakit kronis lainnya, seperti kanker, penyakit jantung, diabetes, dan penyakit Parkinson.

3. Menyebabkan obesitas

Makanan tinggi lemak dapat menyebabkan penambahan berat badan karena kandungan kalorinya yang tinggi.

Dalam 100 gram kentang goreng bisa mengandung 312 kalori dan 15 gram lemak.

Beberapa studi observasional juga menyebut asupan makanan berlemak dan cepat saji dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan obesitas.

Baca Juga: Sering Sakit Gigit? Ini 5 Pilihan Obat Alami agar Cepat Sembuh

Obesitas sendiri bisa memicu berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, dan kanker.

Anda sebaiknya menghindari makan gorengan saat buka puasa jika tidak ingin bertambah berat badan setelah Ramadan. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga