adplus-dvertising

5 Tips Wawancara Kerja, Nomor 2 Jarang Dilakukan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 07 Agustus 2022
317 dilihat
5 Tips Wawancara Kerja, Nomor 2 Jarang Dilakukan
Salah satu tips yang cukup penting dari wawancara kerja adalah lakukan persiapan terhadap posisi ataupun jabatan yang akan dilamar. Foto: Repro rencanamu.id

" Orang yang sudah melakukan persiapan mengenai pengetahuan perusahaan, akan lebih terlihat menarik di mata HRD "

KENDARI, TELISIK.ID - Bagi lulusan baru, wawancara kerja masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang. Selain itu wawancara juga menjadi tahap yang penting dan menentukan apakah kamu layak diterima di sebuah perusahaan dan memulai karier di sana.

Para kandidat harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi wawancara kerja. Berikut 7 tips wawancara kerja yang bisa kamu lakukan antara lain:

1. Lakukan persiapan


Dilansir dari idntimes.com, HRD menyenangi interview yang punya persiapan. Setidaknya kamu sudah tahu melamar pada perusahaan apa dan posisi yang dilamar.

Menurut Albert Mahendra, Human Resource Officer dari Jakmall.com, orang yang sudah melakukan persiapan mengenai pengetahuan perusahaan itu akan lebih terlihat menarik di mata HRD.

2. Lakukan riset perusahaan

Dikutip dari Suara.com jaringan Telisik.id, riset berguna sebagai persiapan materi dan menunjukkan bahwa kamu memang benar-benar memiliki ketertarikan terhadap perusahaan ini.

Baca Juga: 5 Tips Termudah Kelola Keuangan Rumah Tangga dengan Baik

Kamu juga bisa nyambung jika interviewer bercerita soal background perusahaan. Selain soal perusahaan, lakukan riset terhadap tugas pada posisi yang kamu lamar. Pastikan ketika kamu ditanya, kamu bisa menguasai sebagian besar bidang kerjamu kelak. Riset ini menjadi lebih penting bagi lulusan baru karena belum pernah terjun di bidang pekerjaan itu sebelumnya.

3. Bicara dengan penuh percaya diri

Hal penting ketika menjawab pertanyaan dalam wawancara kerja adalah menjawab pertanyaan dengan percaya diri. Dengan demikian, jawabanmu atas pertanyaan yang diajukan pihak HRD bisa lebih terlihat meyakinkan.

Dalam wawancara, pastikan kamu menunjukkan semua kemampuan dan kapasitas di bidang yang ingin kamu geluti. Perhatikan pula intonasi dan kejelasan nada bicara, jangan bicara dengan tertawa, atau gugup. Tidak diperbolehkan pula menggunakan nada yang meremehkan orang lain.

4. Tunjukkan antusiasme

Secara umum, hal ini akan menggambarkan lagi niat besarmu bergabung di perusahaan. Secara khususnya, kamu juga berminat pada lowongan yang kamu lamar. Kamu bisa bertanya apa saja sebenarnya tugasnya.

Baca Juga: 7 Cara Gampang dan Mudah untuk Berhemat

Apakah ekspektasimu sudah sama dengan tugas yang sesungguhnya. Lalu bagaimana penilaian kinerja dan budaya kerja di sana.

5. Perhatikan penampilan

Datanglah ke wawancara kerja dengan penampilan profesional. Gunakan baju formal yang rapi dan sopan. Jangan sekali-sekali menggunakan pakaian terbuka, terlalu pendek, atau bahkan terlalu panjang yang tidak sesuai dengan kultur perusahaan.

Tidak hanya baju, pastikan pula tatanan rambut, jilbab, dan sepatu. Kamu juga harus menaruh perhatian pada bau badan atau aroma menyengat tertentu. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga