Anda Penderita GERD? Hindari Makanan Ini Selama Ramadan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 25 Maret 2023
0 dilihat
Anda Penderita GERD? Hindari Makanan Ini Selama Ramadan
Bagi penderita GERD, ada beberapa makanan yang menjadi pantangan dan mesti dihindari. Pola makan yang sehat juga membantu Anda hindari Gerd terutama saat menjalankan ibadah puasa. Foto: Repro Halodoc.com

" Gerd atau Gastroesophageal Reflux Disease adalah kondisi ketika asam lambung naik dari perut menuju kerongkongan (refluks asam) "

KENDARI, TELISIK.ID - Jika kamu memiliki penyakit GERD, pola makan adalah salah satu hal pertama yang akan ditanyakan dokter. Makanan tertentu cenderung memicu gejala Gerd.

Kamu mungkin memiliki makanan pantangan yang tidak boleh dikonsumsi lagi. Jika kerongkongan rusak akibat Gerd, hindari makanan yang bisa mengiritasi jaringan yang lebih sensitif dan merusaknya lebih lanjut. 

Dilansir dari Tempo.co, Gerd atau Gastroesophageal Reflux Disease adalah kondisi ketika asam lambung naik dari perut menuju kerongkongan (refluks asam). Sedangkan penyakit maag dalam dunia kedokteran disebut sebagai dispepsia/gastritis yakni penyakit akibat peradangan di dinding lambung. Kondisi ini biasanya ditandai nyeri pada ulu hati.

Mengutip Halodoc.com, berikut makanan pantangan pengidap Gerd:

1. Makanan tinggi lemak dan gorengan

Makanan berlemak umumnya menurunkan tekanan pada lower esophageal sphincter (LES) dan menunda pengosongan perut. Hal ini meningkatkan risiko gejala refluks. Untuk mencegah refluks, kurangi asupan lemak total. Berikut ini makanan berlemak tinggi yang perlu dihindari pengidap Gerd, yaitu: 

Baca Juga: 5 Jenis Makanan Cepat Pulihkan Energi Setelah Puasa

Kentang goreng

Keripik kentang

Mentega

Susu

Keju

Es krim

Saus salad krim tinggi lemak

Potongan daging merah berlemak tinggi, seperti sirloin atau iga.

2. Makanan pedas

Makanan pedas menyebabkan sakit perut dan sensasi terbakar jika kamu memiliki Gerd. Sebenarnya paparan makanan pedas bisa memperbaiki gejala Gerd  jika kamu mengonsumsinya secara teratur dan terkontrol. 

3. Buah-buahan dan sayur-sayuran

Buah-buahan dan sayuran adalah bagian penting dari diet. Namun, jenis tertentu mungkin membuat gejala Gerd jadi lebih buruk. Berikut ini buah-buahan dan sayuran yang menjadi pantangan bagi pengidap Gerd, yaitu: 

Nanas

Buah jeruk

Tomat dan makanan berbahan dasar tomat, seperti saus tomat

Bawang putih dan bawang bombay

4. Beberapa jenis minuman

Beberapa minuman umum juga bisa memicu gejala Gerd sehingga pengonsumsiannya harus dibatasi, yaitu:

Baca Juga: Simak 4 Waktu Terbaik untuk Olahraga di Bulan Ramadan

Alkohol

Kopi dan teh

Minuman berkarbonasi

Jus jeruk dan tomat

Makan dalam porsi yang lebih kecil dan menjaga postur tubuh tetap dalam posisi tegak setelah makan juga bisa mencegah gejala GERD. Cobalah untuk tertib menghindari makanan pantangan, seperti makanan berlemak tinggi, makanan pedas, dan buah-buahan, sayuran, dan minuman tertentu. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga