Andap Resmi Jabat Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Ini Harapan Mahasiswa

Jely Adam, telisik indonesia
Rabu, 06 September 2023
0 dilihat
Andap Resmi Jabat Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Ini Harapan Mahasiswa
Mendagri lantik Pj Gubernur Sulawesi Tenggara bersama 8 Pj gubernur lainnya menggantikan kepala daerah yang sudah habis masa jabatannya pada 5 September 2023. Foto: Ist.

" BEM UHO sudah menyiapkan beberapa catatan yang harus dituntaskan oleh Andap Budhi Revianto selaku Pj Gubernur Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID - Andap Budhi Revianto resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara pada Selasa (5/9/2023). Dilantiknya Andap mendapat perhatian khusus dari kalangan mahasiswa, di antaranya datang dari Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Halu Oleo (BEM UHO).

Ketua BEM UHO, Abdullah Akhayad Arafah, mengungkapkan bahwa BEM UHO sudah menyiapkan beberapa catatan yang harus dituntaskan oleh Andap Budhi Revianto selaku Pj gubernur, di antaranya menjaga independensinya sebagai kepala daerah, mengutamakan kepentingan masyarakat meski Pj gubernur dipilih melalui mekanisme penunjukan politik.

"Kami meminta Pj gubernur menyelesaikan kasus yang ada di Sulawesi Tenggara, utamanya  yang berkenaan dengan kasus HAM, tambang ilegal, kerusakan lingkungan dan kriminalitas yang meningkat dan melanjutkan pembangunan dengan melibatkan semua elemen masyarakat," tuturnya.

Baca Juga: Mendagri Lantik Andap Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Dinilai Tepat

Pj Gubernur juga diharapkan melakukan inovasi program dalam waktu 1 tahun, agar kehadiran Pj dirasakan oleh masyarakat.

Sementara Muhammad Ibnu Katsir selaku Menteri Koordinator Organisasi BEM UHO menekankan bahwa Pj gubernur harus fokus melahirkan inovasi program untuk Sulawesi Tenggara, mengingat Pj gubernur hanya menjabat selama 1 tahun, dan kemudian ia juga harus menyelesaikan kasus HAM, lingkungan serta tambang ilegal yang marak di Sulawesi Tenggara.

"Sebagai mahasiswa dan masyarakat Sulawesi Tenggara, kami tidak ingin Pj gubernur memanfaatkan 1 tahun jabatannya hanya dengan cuma-cuma tanpa melahirkan program yang bersinggungan langsung dengan masyarakat Sulawesi Tenggara," ungkapnya.

Di tempat berbeda, Syamsuriadi Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kendari Raya berharap agar Pj gubernur dapat menjalankan roda pemerintahan dengan baik. Di sisa waktu kepemimpinan, Pj gubernur diharapkan bisa melanjutkan program pemprov yang berorientasi pada kesejahteraan rakyat.

"Kepada beliau kami berharap agar melakukan evaluasi program Gubernur Ali Mazi, yang baik agar dilanjutkan dan yang kurang baik diperbaiki. Saya yakin bahwa beliau akan berbuat banyak untuk Sulawesi Tenggara, dan yang terpenting bahwa tidak ada intenvensi politik dalam membangun untuk rakyat," tegasnya.

Baca Juga: Dari Anggota Polri hingga Sekjen Kemenkumham, Andap Budhi Revianto Pj Gubernur Sulawesi Tenggara

Syamsuriadi juga berharap Pj gubernur menggiatkan komunikasi dengan Forkopimda dan tokoh masyarakat terkait antisipasi-antisipasi hal buruk yang mungkin terjadi menjelang tahun politik di Sulawesi Tenggara.

“Menyoal tahun politik, ini juga hal yang tidak kalah penting. Sulawesi Tenggara termasuk daerah yang berpotensi rawan menjelang tahun politik. Ini harus segera dikomunikasikan bagaimana antisipasinya, supaya hal-hal yang tidak baik bisa dicegah. Selamat menjalankan tugas untuk Pj gubernur," ujar Syamsuriadi.

Untuk diketahui, pelantikan Andap Budhi Revianto mengacu pada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 74/P/2023 tentang Pengangkatan Pj Gubernur. (A)

Penulis: Jely Adam

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

TAG:
Baca Juga