Deretan Minyak Sehat dan Kaya Gizi untuk Memasak, Perlu Dicoba

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 11 Januari 2024
0 dilihat
Deretan Minyak Sehat dan Kaya Gizi untuk Memasak, Perlu Dicoba
Terdapat minyak goreng yang sehat karena sebanyak 85 persen kandungannya terdiri dari asam lemak oleat dan linoleat yang baik untuk kesehatan jantung. Foto: Hellosehat.com

" Anda mungkin mengenal minyak kelapa sebagai salah satu minyak yang sering digunakan di rumah. Namun, ternyata ada minyak goreng selain minyak kelapa. Anda perlu mencoba minyak goreng yang sehat untuk memasak "

KENDARI, TELISIK.ID - Anda mungkin mengenal minyak kelapa sebagai salah satu minyak yang sering digunakan di rumah. Namun, ternyata ada minyak goreng selain minyak kelapa. Anda perlu mencoba minyak goreng yang sehat untuk memasak.

Minyak yang sehat untuk memasak adalah minyak yang mengandung tinggi lemak tak jenuh tunggal maupun ganda. Selain itu, dalam memilih minyak goreng, penting juga untuk melihat kandungan gizi di dalamnya.

Berikut jenis minyak goreng yang sehat untuk Anda seperti dikutip dari Alodokter.com dan Hellosehat.com:

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung asam lemak tunggal yang tinggi, bahkan sebanyak 75 persen dari volumenya. Beberapa jenis asam lemak tak jenuh yang terdapat pada minyak goreng sehat ini yaitu asam oleat, asam linoleat, dan asam linolenat.

Baca Juga: 4 Resep Minuman Usir Lemak dan Racun di Tubuh

Berbagai penelitian menyatakan bahwa asam oleat memiliki sifat antikanker dan antiradang. Tak hanya itu, minyak zaitun kaya akan vitamin E dan senyawa antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sekaligus risiko terjadinya penyakit jantung.

Anda dapat memasak dengan minyak zaitun berjenis extra virgin, karena mengandung nutrisi yang lebih banyak. Titik asap minyak zaitun sekitar 175 °C sehingga baik digunakan untuk menumis atau memanggang dengan suhu sedang.

2. Minyak alpukat

Minyak alpukat juga termasuk minyak yang sehat untuk memasak. Minyak ini memiliki komposisi nutrisi yang mirip dengan minyak zaitun. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa senyawa dalam minyak alpukat bisa menurunkan tekanan darah dan kolesterol, serta menjaga kesehatan jantung.

Minyak ini juga diketahui dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dan melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Berbeda dari minyak zaitun, minyak yang diambil dari ekstrak buah alpukat ini memiliki titik asap yang tinggi, yaitu sekitar 270 °C, sehingga cocok digunakan untuk memasak yang membutuhkan panas tinggi, misalnya menggoreng.

3. Minyak biji bunga matahari

Minyak ini merupakan minyak goreng sehat karena sebanyak 85 persen kandungannya terdiri dari asam lemak oleat dan linoleat yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, minyak ini memiliki kandungan yang bersifat antioksidan, seperti vitamin E, karotenoid, dan fenol.

Anda bisa menggunakan minyak ini untuk metode menggoreng deep frying, yaitu mencelup makanan yang akan digoreng ke dalam minyak sangat panas. Pasalnya, minyak biji bunga matahari bisa tahan dengan api panas sehingga tidak mudah berasap.

4. Minyak wijen

Penggunaan minyak wijen sebagai minyak sehat untuk mengolah masakan sudah tak asing lagi. Selain mengandung lemak tak jenuh ganda, kandungan dalam minyak goreng ini memiliki sifat antiradang dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung maupun pembuluh darah.

Baca Juga: Resep Makanan Enak, Cocok Buat Akhir Tahun 2023

Sama seperti minyak alpukat, minyak wijen memiliki titik asap yang tinggi, yaitu sekitar 200 °C, dan baik digunakan untuk menggoreng. Minyak ini juga memiliki rasa sedikit pedas dan aroma kacang yang kuat, sehingga bisa menambah kelezatan pada masakan.

5. Minyak kanola

Sebagai minyak goreng sehat, Minyak kanola kaya akan asam oleat, asam linoleat, dan vitamin E. Minyak kanola juga mengandung dan plants sterol. Senyawa ini hanya ditemukan pada tanaman dan membantu mengurangi penyerapan kolesterol di dalam tubuh.

Mengutip studi terbitan Food & Nutrition Research (2012), minyak ini bahkan memiliki kandungan vitamin K yang tinggi, yakni 127 mikrogram di dalam 100 ml. Vitamin ini penting untuk mencegah perdarahan dan menjaga jaringan tulang. Minyak ini cocok digunakan untuk menumis atau digunakan sebagai baluran pemanggang agar tidak lengket. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga