Trik Buat Kopi Ala Coffe Shop

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 14 Juni 2023
0 dilihat
Trik Buat Kopi Ala Coffe Shop
Bila Anda ingin mengonsumsi kopi dengan sensasi yang berbeda, Anda bisa mencoba dengan membuat sendiri di rumah. Foto: Grid.id

" Kopi sudah menjadi kebutuhan tersendiri bagi banyak orang. Minuman ini memang cocok dinikmati kapan saja baik di pagi hari, bersantai ataupun sedang berkumpul "

KENDARI, TELISIK.ID - Kopi sudah menjadi kebutuhan tersendiri bagi banyak orang. Minuman ini memang cocok dinikmati kapan saja baik di pagi hari, bersantai ataupun sedang berkumpul.

Bila Anda ingin mengonsumsi kopi dengan sensasi yang berbeda, Anda bisa mencoba dengan membuat sendiri di rumah.

Hal tersebut didapatkan berkat teknik pembuatan, alat maupun kualitas biji kopi yang dipakainya. Namun sebenarnya kita juga bisa membuat es kopi yang tak kalah enaknya di rumah.

Pemilik MalbourneCoffeeCo, Azmi Badres di Malang, membagikan 4 tips membuat kopi kekinian seperti di kafe-kafe dikutip dari Grid.id:

Baca Juga: Ini Resep Spicy Chicken Asal New York dan Jepang yang Sederhana dan Enak

1. Biji kopi berkualitas

Apa pun jenisnya, disarankan untuk menggunakan biji kopi dari specialty coffee roaster dan mengolahnya saat rasanya sudah maksimal. Biji kopi yang disangrai paling baik antara satu hingga tiga minggu setelah tanggal sangrai.

Jimmy Evans, manajer merek dan penjualan di Artisti Coffee Roasters, Australia.

2. Buatlah konsentrat kopi

“Jadi step awal kita harus menyiapkan biang atau konsentrat kopinya. Paling baik memakai espresso,” tutur Azmi

Namun jika kamu tidak memiliki mesin kopi, kamu bisa memesan espresso di kafe terdekat. Untuk alternatif lainnya, kamu bisa membuat membuat konsentrat kopi memakai kopi instan.

Seduh kopi instan dengan konsistensi pekat dan pahit. Untuk takaran, satu sendok teh kopi instan diseduh dengan seperempat 4 gelas air panas.

3. Giling kopi dengan benar

Mengutip Kompas.com, hindari menggunakan kopi yang sudah digiling. Sebaliknya, giling biji dengan sangat halus tepat sebelum diseduh untuk rasa yang lebih baik. Gunakan penggiling kopi berkualitas untuk hasil optimal.

4. Campurkan susu

Setelah itu, campur konsentrat kopi dengan susu. Susu yang digunakan bisa fresh milk atau susu UHT.

“Level kepahitannya tergantung selera masing-masing. Kalau saya sih biasannya memakai 120 ml susu dan 20-30ml konsentrat kopi,” tambah azmi.

Baca Juga: Resep Greek Salad Asal Yunani, Enak dan Sederhana

5. Takar dengan hati-hati

Tuan Huynh, pemilik coffee shop di Chicago, menilai kurangnya perhatian untuk memperbaiki rasio adalah masalah utama gagalnya proses membuat es kopi di rumah. Kebanyakan kedai kopi memiliki takaran yang sangat mendetail dengan rasio utama berupa 1:12 untuk kopi dan air.

Penggunaan mesin kopi atau metode dripping memang bisa digunakan namun Huynh merekomendasikan untuk mencoba metode otentik Vietnam. Letakkan filter kopi phin baja tahan karat yang diletakkan di atas cangkir, tambahkan kopi bubuk lalu tuangkan di atas percikan air panas dan tunggu 30 detik.

“Waktu mekar ini sangat penting, tetapi banyak orang di rumah melewatkan langkah itu,” kata Huynh. Setelah kopi mengembang, tambahkan sisa air panas, tutup dan biarkan proses seduh selama 4-5 menit. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga