Anggaran Dermaga Patinggu Diduga Diubah Tanpa Sepengetahuan DPRD Wakatobi

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Rabu, 26 Juli 2023
0 dilihat
Anggaran Dermaga Patinggu Diduga Diubah Tanpa Sepengetahuan DPRD Wakatobi
Rapat dengar pendapat terkait realisasi anggaran tahun 2023 di DPRD Wakatobi. Foto: Wiwik Prihastiwi/Telisik

" Anggaran Dermaga Patinggu diduga diubah tanpa sepengetahuan DPRD Kabupaten Wakatobi. Hal itu diketahui dari rapat dengar pendapat (RDP) terkait progres realisasi anggaran tahun 2023 yang dilaksanakan di ruang rapat kerja DPRD Wakatobi "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Anggaran Dermaga Patinggu diduga diubah tanpa sepengetahuan DPRD Kabupaten Wakatobi. Hal itu diketahui dari rapat dengar pendapat (RDP) terkait progres realisasi anggaran tahun 2023 yang dilaksanakan di ruang rapat kerja DPRD Wakatobi, Rabu (26/7/2023).

Dermaga Patinggu merupakan jembatan sentral yang menghubungkan Wakatobi I dan Wakatobi II. Srtiap harinya, kapal beroperasi dan bersandar di Dermaga Patinggu, Kabupaten Wakatobi.

Dinas Perhubungan Wakatobi, Sariadi menjelaskan, terkait Dermaga Patinggu. Sebelumnya Dinas Perhubungan merencanakan pendalaman kolam dermaga. Namun ternyata di tahun 2023 anggaran tidak mencukupi. Sehingga yang ada hanya rehabilitas pada Dermaga Patinggu.

Baca Juga: 36 Kelompok Pembudidaya di Wakatobi Terima Bibit Rumput Laut

Saat ditanya jumlah anggaran Dermaga Patinggu, Sariadi menyebut, anggarannya sebesar Rp 2 milliar lebih.

Menanggapi hal tersebut, anggota DPRD, Hairudin Buton mengungkapkan, anggaran Dermaga Patinggu sebesar Rp 7 milliar, bukan Rp 2 milliar dan itu tidak dapat diubah karena telah disepakati bersama sampai dipembicaraan tahap tiga.

"Nda ada catatan, jika ada APBD yang memuat tidak Rp 7 miliar itu bukan APBD Wakatobi, palsu itu. Masukkan Rp 7 milliar, Bappeda jangan coba-coba ubah itu," tegas anggota Komisi III, Hairudin Buton.

Anggota DPRD lainnya, Badalan menuturkan, pada saat pembahasan anggaran, DPRD Wakatobi telah menyetujui anggaran Rp 7 miliar hanya untuk aksesibilitas yang baik, tetapi kemudian anggaran itu dikurangi tanpa sepengetahuan DPRD. Sampai saat ini tidak ada progress di Dermaga Patinggu.

Baca Juga: 980 KK di Kabupaten Wakatobi Kebagian Perbaikan Rumah

"Apakah DPRD lagi yang salah kalau seperti ini. Padahal DPRD telah menyetujui anggaran sebesar itu. Tolonglah kawan-kawan pemerintah serius atur daerah ini," ucapnya.

Mengenai penarikan retribusi di dermaga, Badalan menuturkan, pemerintah mempertimbangkan kembali hal tersebut. Jika fasilitasnya belum bagus, dikaji ulang apakah layak ditarik retribusi atau tidak.

"Kalau pendapat saya, itu belum tepat melakukan retribusi karena fasilitas belum disediakan," lanjut Badalan. (A)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga