Balita di Kolaka Utara Ditemukan Setelah Hilang 17 Jam, Begini Kondisinya

Muh. Risal H, telisik indonesia
Jumat, 28 April 2023
0 dilihat
Balita di Kolaka Utara Ditemukan Setelah Hilang 17 Jam, Begini Kondisinya
Farid, balita yang dinyatakan hilang telah ditemukan, disambut tangis oleh sanak keluarga. Foto: Ist.

" Balita bernama Farid umur 1 tahun dinyatakan hilang oleh pihak keluarga pada hari Rabu (26/4/2023) sekitar pukul 18.30 Wita "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Seorang balita di Kabupaten Kolaka Utara ditemukan selamat usai dinyatakan hilang oleh pihak keluarga. Berdasarkan informasi yang dihimpun Telisik.id melalui akun Facebook keluarga, balita bernama Farid umur 1 tahun dinyatakan hilang oleh pihak keluarga pada hari Rabu (26/4/2023) sekitar pukul 18.30 Wita.

Farid dinyatakan hilang setelah bermain di teras rumah tepatnya di Desa Jabal Nur, Kecamatan Kodeoha, dengan sepupunya yang berusia sebaya dengan Farid.

Setelah dinyatakan hilang, ratusan warga bahkan dari desa tetangga berbondong-bondong melakukan pencarian hingga dini hari namun hasilnya nihil.

Tidak hanya itu, pihak keluarga juga massif membagikan informasi kehilangan balita tersebut melalui akun media sosial Facebook.

Hingga akhirnya, Kamis (27/4/2023) sekitar pukul 11.00 Wita, Farid ditemukan oleh seorang petani, Salahuddin, tepatnya di Desa Ujung Tobaku, Kecamatan Katoi, saat hendak balik ke rumah di Kecamatan Lasusua usai bertani.

"Sekitar pukul 10:30 Wita, saya pulang pas masuk di jalan poros dari kebun antara Lasitarda-Tobaku kira sekitar 1 kilometer lebih dari persimpangan jalan poros Lasitarda-Tobaku (menuju by pass) saya temukan anak di jalan yang lagi menangia," kata Salahuddin.

Baca Juga: Lima Orang Hilang di Hutan Saluro Luwu Timur Ditemukan Selamat

Melihat balita di jalan, Salahuddin kaget. Dia menghampiri anak itu setelah itu berteriak untuk mencari tahu keberadaan orang tua balita ini.

"Saya kaget, kenapa ada anak-anak menangis di sini. Saya teriak berkali-kali anak siapa ini kenapa dibiarkan menangis di sini tapi tidak ada balasan. Persangkaan saya mungkin ada petani cengkeh yang tinggalkan anaknya sampai jalan sendiri," ujarnya.

Karena tidak ada respons, akhirnya Salahuddin membawa anak tersebut ikut bersamanya menggunakan motor ke perkampungan (Desa Ujung Tobaku) sambil mencari tahu siapa orang tua dari anak itu. Namun, tidak ada yang tahu hingga akhirnya anak tersebut di bawah ke rumahnya di Kecamatan Lasusua.  

"Sebenarnya, sejak pertama saya mulai curiga kalau mungkin inimi anak yang dinyatakan hilang yang beredar di Facebook. Makanya saya ke rumah setelah saya posting di Facebook agar orang tau kalau anak tersebut ada di rumah saya," kata dia.

Waktu ketemu pertama, lanjutnya, kondisi anak tidak pake sendal dalam keadaan menangis mungkin karena telapak kakinya panas kena aspal. Kemudian, banyak goresan-goresan rumput di badannya, celana dan bajunya kotor.

"Perkiraan saya anak itu mungkin berada di semak-semak kemudian dia keluar. Setelah tiba di rumah, anak tersebut dimandikan karena badannya kotor kemudian dikasi makan," imbuhnya.

Kata dia, anak itu gembira bahkan bermain saat berada di atas motor menuju perkampungan. Ia juga menuturkan jika anak tersebut tidak dalam kondisi lapar.

"Mungkin sudah dikasi makan sebelumnya, karena waktu saya angkat ke motor dia tidak lemas bahkan dia gembira dan bermain," tukasnya.

Baca Juga: Kasus Orang Hilang Misterius yang Bikin Dunia Heboh, Nomor 3 Mengerikan

Sebelumnya, pihak keluarga Abd Rahman melalui akun Facebooknya menyampaikan jika Farid umur 1 tahun hilang setelah bermain di teras rumahnya bersama sepupu usia sebayanya di Desa Jabal Nur sekitar pukul 18.30 Wita (magrib).

Akun Facebook Amirul Mukminin juga menyampaikan hal serupa.

"Assalamualaikum, tolong di share ponakan kami atas nama Farid hilang jam 18:30 hari ini di Desa Jabal Nur Kodeoha," tulisnya melalui akun Facebooknya di Forum Komentar Kolaka Utara.

Diketahui, jarak tempat ditemukan awal anak tersebut dengan rumahnya di Kecamatan Kodeoha sekitar 20 kilometer. Hingga berita ini dimuat pihak kepolisian masih melakukan lidik penyebab hilangnya anak tersebut. (A)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga