Anggota TNI Tewas Tergantung, Hasil Visum Terdapat Tanda Kekerasan

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 20 Agustus 2020
0 dilihat
Anggota TNI Tewas Tergantung, Hasil Visum Terdapat Tanda Kekerasan
Nampak seorang anggota TNI sedang tergantung di pohon. Foto: Ist.

" Karena almarhum ini tentara maka penanganan langsung oleh Polisi Militer. "

KENDARI, TELISIK.ID - Tim forensik Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Kendari telah menyelesaikan proses autopsi terhadap Serda Rusdi, anggota TNI yang ditemukan tewas tergantung di pohon di Desa Rahantari, Kecamatan Kabaena Barat, Kabupaten Bombana.

Dokter Forensik RS Bhayangkara Kendari, Raja Al Fatih Widya Iswara menyampaikan, dari hasil autopsi terdapat tanda kekerasan di bagian leher, namun ia tak secara detail dapat menyimpulkan.

"Untuk tanda bekas kekerasan ada di bagian leher. Tapi untuk detailnya bukan kapasitas saya menyampaikan, langsung ke penyidik yang menangani kasusnya," ujarnya, Kamis (20/8/2020).

Proses autopsi ini berlangsung selama kurang lebih lima jam. Dokter Raja Al Fatih juga menyebut, bekas kekerasan hanya ada pada bagian leher. Tidak ada di punggung atau bagian tubuh lainnya.

Baca juga: Anggota TNI Tewas Tergantung di Pohon, Polisi Tunggu Hasil Visum

Sementara itu, Komandan Korem 143/Haluoleo, Brigjend TNI Jannie Siahaan mengatakan, kasus tersebut akan diambil alih Polisi Militer dengan dibantu Polda Sultra.

"Karena almarhum ini tentara maka penanganan langsung oleh Polisi Militer," tuturnya.

Lanjut Jannie Siahan, setelah proses penyelidikan selesai dan telah mendapatkan titik terang, jenazah akan dibawa ke kampung halamannya di Pangkep, Sulawesi Selatan untuk disemayamkan.

Sebelumnya, Jenazah Serda Rusdi yang merupakan anggota TNI dari kesatuan Koramil 1413 Buton itu ditemukan tewas tergantung di salah satu pohon oleh warga sekitar yang hendak berangkat ke ladang perkebunannya belum lama ini.

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Baca Juga