Antisipasi Kebakaran, Pj Bupati Muna Barat Programkan Pembangunan Pos Damkar

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 04 Oktober 2022
0 dilihat
Antisipasi Kebakaran, Pj Bupati Muna Barat Programkan Pembangunan Pos Damkar
Pj Bupati Muna Barat, Bahri saat meninjau lokasi kebakaran di Desa Bakeramba. Foto : Ist

" Sarana dan prasarana (Sarpras) Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kabupaten Muna Barat belum memadai "

MUBAR, TELISIK.ID - Sarana dan prasarana (Sarpras) Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kabupaten Muna Barat belum memadai.

Bayangkan, sejak terbentuk 8 tahun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat hanya memiliki satu unit kendaraan Damkar. Hal itu tentunya membuat kerja-kerja dalam penanganan musibah kebakaran belum maksimal.

Seperti halnya, saat musibah kebakaran yang terjadi di Desa Bakeramba, Kecamatan Kusambi baru-baru ini. Akibat, minimnya Sarpras Damkar,  membuat empat buah rumah ludes dilahap si jago merah.

Baca Juga: Ratusan Miliar Disiapkan untuk Pembangunan Infrastruktur Buton Utara

Nah, untuk mengatisipasi musibah kebakaran di Bumi Laworoku, Pj Bupati, Bahri telah memprogramkan pembangunan tiga pos Damkar yang dilengkapi dengan Sarpras dan SDM pada wilayah Lawa Raya, Tiworo dan Kusambi.

"Tahun ini, di Perubahan APBD sudah dialokasikan dana pembangunan posnya. Kita mulai dari Lawa Raya yang lokasinya di samping kantor camat," kata Bahri, Selasa (4/10/2022).

Baca Juga: Mutasi Ditunda, Pejabat Muna Makin Gelisah

Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD), LM Taslim menerangkan, untuk pembangunan Pos Damkar beserta fasilitas pendukung lainnya di Lawa Raya anggarannya sebesar Rp 1 miliar. Sesuai rencana, pembangunannya akan dimulai tahun ini.

"Kegiatannya melekat pada Dinas PUPR," sebutnya.

Sementara itu, Kasatpol PP, Liber menerangkan, nantinya dengan adanya pos Damkar itu, akan di tempat personil yang stand by 1x24 jam. Armada yang ada, akan dimaksimalkan pada tiga wilayah itu. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga