Dua Periode Jadi Wabup, Malik Ditu Pamitan

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 26 Agustus 2021
0 dilihat
Dua Periode Jadi Wabup, Malik Ditu Pamitan
Wabup Muna, Abdul Malik Ditu pamitan pada warga Muna karena masa jabatannya akan segera berakhir. Foto: Sunaryo/Telisik

" Pemkab mengajukan pinjaman, karena keterbatasan anggaran di tengah pandemi COVID-19 ini "

MUNA, TELISIK.ID - Wakil Bupati (Wabup) Muna, Abdul Malik Ditu mulai pamitan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat yang dikarenakan masa jabatannya akan berakhir pada 2 September mendatang.

Ia menyampaikan permohonan maaf bila selama menjadi wabup dua periode (10 tahun) ada tindakan dan tutur kata yang salah dan menyinggung orang lain.  

"Saya tinggal seminggu lagi menjabat sebagai Wabup. Bila ada kekurangan dan kesalahan, saya memohon maaf," kata Malik Ditu, Kamis (26/8/2021).

Mantan Ketua DPC Demokrat itu juga berpesan pada masyarakat, birokrasi dan anggota DPRD untuk terus menjaga harmonisasi serta mendukung program pembangunan berkelanjutan yang akan kembali dinakhodai oleh LM Rusman Emba dan wakilnya, Bachrun Labuta kendati penganggaranya bersumber dari pinjaman.

Menurutnya, Pemkab mengajukan pinjaman, karena keterbatasan anggaran di tengah pandemi COVID-19 ini. Tanpa ada pinjaman itu, program pembangunan yang sudah direncanakan tidak akan berjalan dengan lancar.

"Walaupun anggaran nantinya bersumber dari pinjaman, program pembangunan harus tetap kita dukung demi kemajuan daerah. Jangan malu dengan dana pinjaman. Negara dan Pemprov saja mengajukan pinjaman," terangnya.

Baca Juga: Ketinggian Dua Tower di Sekitar Area Bandara Kolut Bakal Dipangkas

Baca Juga: Dewan Setujui Pertanggungjawaban APBD 2020 dengan Catatan Penting

Satu yang dia tekankan nantinya yang menjadi prioritaskan untuk dituntaskan. Adalah persolan air bersih yang berada di Kecamatan Watoputeh dan Kontunaga. Ke depan, pemerintah dan dewan harus fokus menyelesaikan satu persatu kebutuhan dasar masyarakat itu.

"Satu-satu dituntaskan penganggarannya. Jangan langsug keduanya tiap tahun, karena pasti tidak pernah akan selesai," pesannya.

Malik Ditu terhitung sudah dua periode menjadi Wabup. Periode pertama tahun 2010-2015, ia mendampingi bupati almarhum dr LM Baharuddin. Kemudian periode 2016-2021, ia kembali mendampingi Bupati LM Rusman Emba. Di Pilkada 2020 lalu, Malik Ditu tidak ikut berkompetisi. Sedangkan LM Rusman Emba menggandeng Bachrun Labuta sebagai wakilnya dan pada akhirnya terpilih. (C)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga