Antusias Calon Mahasiswa Stikes Pelita Ibu, Pendaftaran Gelombang 2 Sudah Dibuka

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 20 Juni 2023
0 dilihat
Antusias Calon Mahasiswa Stikes Pelita Ibu, Pendaftaran Gelombang 2 Sudah Dibuka
Pelaksanaan tes kesehatan calon mahasiswa baru Stikes Pelita Ibu, Selasa, (20/6/2023). Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Para calon mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Pelita Ibu jalani tes kesehatan dan wawancara "

KENDARI, TELISIK.ID - Para calon mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Pelita Ibu jalani tes kesehatan dan wawancara, Selasa (20/6/2023).

Kampus Stikes Pelita Ibu di Jalan Kampung Baru, Kecamatan Anduonohu, Kota Kendari terlihat ramai dari biasanya. Sejak pagi, hampir seratus calon mahasiswa berbondong-bondong datang untuk menjalani tes kesehatan dan wawancara.

Para peserta duduk mengantre menunggu giliran untuk menjalani tes. Satu persatu nama mereka dipanggil untuk masuk ke ruang laboratorium dan menjalani berbagai pengecekan kesehatan oleh petugas.

Baca Juga: Punya Mutu Tinggi, Stikes Pelita Ibu Beri Keuntungan Mahasiswa Magang di Sini

Salah seorang calon mahasiswa Stikes Pelita Ibu program studi S1 Farmasi, Asma mengatakan, pengecekan kesehatan tersebut meliputi pengukuran berat dan tinggi badan, tes tekanan darah, hingga tes urin.

 

Salah satu rangkaian tes kesehatan bagi calon mahasiswa baru Stikes Pelita Ibu Kendari. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

 

Di hari yang sama, para calon mahasiswa juga menjalani tes wawancara langsung dengan Ketua Stikes Pelita Ibu, Rosmawati Ibrahim.

Meski harus menunggu lama, Asma tetap semangat menjalani tesnya demi mengejar mimpinya menempuh pendidikan di Stikes Pelita Ibu.

Asma yang lulusan D3 Kebidanan dan bekerja sebagai ASN di salah satu Puskesmas itu, memilih melanjutkan pendidikannya dengan alih jenjang ke program S1 Farmasi di Stikes Pelita Ibu.

Salah satu alasan ia memilih kampus tersebut, karena banyak ulasan positif yang ia dengar dari teman sejawatnya yang juga berkuliah di sana.

Selain itu, Stikes Pelita Ibu juga menyediakan program non regular yang sangat cocok untuk dirinya kuliah sambil bekerja.

Humas Stikes Pelita Ibu, Sultan Andilah mengatakan, tes kesehatan yang digelar merupakan tes akhir dari rangkaian tes seleksi masuk calon mahasiswa baru Stikes Pelita Ibu.

Tes tersebut bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan dari calon mahasiswa baru, sehingga mereka bisa melaksanakan proses belajar mengajar dengan lancar nantinya.

Begitupun tes wawancara dilakukan untuk melihat keseriusan para calon mahasiswa untuk bersekolah di Stikes Pelita Ibu.

Antusias pendaftar mahasiswa baru Stikes Pelita Ibu lebih tinggi di banding tahun sebelumnya. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

 

Di hari sebelumnya, Senin (19/6/2023), pihaknya telah menggelar tes akademik yang berisi soal-soal kemampuan dasar untuk mengetahui sejauh mana daya berpikir para calon mahasiswa.

Ia mendata ada total 88 orang peserta yang menjalani tes, kebanyakan dari mereka mendaftar untuk program studi S1 Administrasi Rumah Sakit, sedangkan yang lainnya mendaftar untuk S1 Kebidanan, S1 Farmasi, D3 Kebidanan hingga Profesi Kebidanan.

Antusias para pendaftar menurutnya sangat meningkat di banding tahun sebelumnya, hal itu dikarenakan pandemi yang sudah berangsur pulih dan aktivitas perkuliahan yang sudah tatap muka seperti sedia kala.

Banyak dari calon mahasiswa yang mendaftar datang dari luar Kota Kendari hingga luar Sulawesi Tenggara, seperti Luwu hingga Maluku.

Hasil seleksi nantinya hanya akan menerima satu kelas atau sekitar 40 orang untuk satu program studi.

Meski begitu, yang tidak lolos atau berhalangan menjalani tes bisa mendaftar kembali untuk pendaftaran mahasiswa baru gelombang kedua yang sudah dibuka, 20 Juni-15 Agustus 2023.

Stikes Pelita Ibu Kendari merupakan pilihan tepat bagi Anda yang hendak melanjutkan mimpi sebagai tenaga kesehatan yang terampil.

Baca Juga: Stikes Pelita Ibu Kendari Gandeng UKPM Majukan Pendidikan Tinggi

Berikut beberapa alasan mengapa memilih Stikes Pelita Ibu:

1. SDM tenaga pendidik yang hanya berasal dari lingkup internal Stikes Pelita Ibu, membuat mereka para pengajar lebih fokus untuk mendidik mahasiswa di sana.

2. Fasilitas penunjang pendidikan praktik yang lengkap seperti laboratorium, klinik, hingga mini hospital. Selain itu, fasilitas ruang belajar disediakan dengan standar yang tinggi dan nyaman untuk mahasiswa melakukan kegiatan pembelajaran.

3. Lahan praktik yang banyak. Para mahasiswa bisa merasakan praktik di rumah sakit dalam Sulawesi Tenggara hingga luar provinsi. Hal ini karena banyaknya kerjasama yang dilakukan Stikes Pelita Ibu bersama banyak rumah sakit untuk meningkatkan pengalaman para mahasiswanya. (B-Adv)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga