Punya Mutu Tinggi, Stikes Pelita Ibu Beri Keuntungan Mahasiswa Magang di Sini

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 14 Juni 2023
0 dilihat
Punya Mutu Tinggi, Stikes Pelita Ibu Beri Keuntungan Mahasiswa Magang di Sini
Stikes Pelita Ibu Kendari, menjemput 23 mahasiswanya yang rampung magang. Foto: Ist.

" Peningkatan mutu dan kualitas pendidikan, salah satunya dapat diwujudkan dengan kolaborasi antara perguruan tinggi, baik dalam teori keilmuan maupun praktik "

MAKASSAR, TELISIK.ID - Peningkatan mutu dan kualitas pendidikan, salah satunya dapat diwujudkan dengan kolaborasi antara perguruan tinggi, baik dalam teori keilmuan maupun praktik.

Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) Pelita Ibu Kendari, jemput puluhan mahasiswa program studi Administrasi Rumah Sakit yang telah merampungkan program magang di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin. Makassar.

Program magang yang dilaksanakan selama tiga Minggu, dari 8-31 Mei 2023 diikuti oleh 23 mahasiswa yang masing-masing terdiri dari tujuh kelompok.

Baca Juga: Stikes Pelita Ibu Kendari Gandeng UKPM Majukan Pendidikan Tinggi

Setiap kelompok memasuki 3 unit/instalasi, yaitu Unit Gawat Darurat (UGD), Rawat Inap, rawat jalan, Intensive Care Unit (ICU), Instalasi Bedah Sentral, Pelayanan Mata, Radioterapi, Laboratorium Patologi dan Anatomi, Laboratorium Klinik, Radiologi, Gizi, Hemodialisis, Rekam Medis, Farmasi.

Stikes Pelita Ibu Kendari bekerjasama dengan Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Makassar, dengan mengirim puluhan mahasiswanya untuk magang di sana. Foto: Ist.

 

Para mahasiswa juga dapat kesempatan untuk memasuki ruang manajemen yang terdiri dari Komite Mutu, Case Mix (Penjaminan Pasien), SDM, Diklat, Komite Keperawatan, SIM RS dan pemasaran.

Penarikan dilakukan oleh Ketua Stikes Pelita Ibu, Rosmawati Ibrahim yang didampingi oleh Kepala Humas Pelita Ibu, Sultan Andilah, ia mengatakan melalui magang diharapkan akan terbentuk kemitraan antara Prodi S1 Administrasi Rumah Sakit Stikes Pelita Ibu dengan rumah sakit, sehingga akan tercipta dialog antara pendekatan akademik dan operasional.

Proses dialog diyakini akan melahirkan pemahaman yang lebih utuh, akhirnya pengetahuan serta keterampilan yang lebih relevan dengan isu-isu perkembangan pelayanan kesehatan masyarakat dapat dicapai.

Baca Juga: Menanam Rasa Kepedulian Mahasiswa Stikes Pelita Ibu Kendari

Tempat sama, perwakilan dari RS Universitas Hasanuddin, Irda Yulianti Dahri menjelaskan, selama program magang berlangsung, mahasiswa dibimbing langsung oleh pakar dalam Manajemen Administrasi Rumah Sakit (MARS) yang telah lama bekerja di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin, serta didampingi oleh pembimbing kampus, Rania Fatirizza Pritami dan Noviani Munsir.

Ia juga berharap, mahasiswa dapat lebih memahami  praktik dunia kerja dan mendapatkan pengalaman bekerja di unit-unit kerja dengan mengembangkan wawasan berpikir keilmuan kreatif dan inovatif, juga melatih keterampilan mahasiswa sesuai bidang ilmu masing-masing dengan berdasarkan pengetahuan yang diperoleh selama proses belajar mengajar (PBM). (B-Adv)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga