ASN di Muna Merasa Nyaman dengan Rusman

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 14 November 2020
0 dilihat
ASN di Muna Merasa Nyaman dengan Rusman
LM Rusman Emba saat menyalami ASN beberapa waktu lalu. Foto: Sunaryo/Telisik

" 80 persen ASN itu masih nyaman dengan Rusman, hanya mereka tidak secara terang-terangan. "

MUNA, TELISIK.ID- Aparatur Sipil Negara (ASN) di perhelatan Pilkada dituntut untuk menjunjung tinggi asas netralitas. Namun, hak politik mereka tetap ada. Urusan pilihan, menjadi hak mereka masing-masing.

Tim pemenangan pemenangan pasangan calon (Paslon) LM Rusman Emba-Bachrun Labuta (TERBAIK), Arwaha Adi Saputra menerangkan, melihat arah dukungan ASN, rata-rata masih nyaman dengan LM Rusman Emba.

Hanya saja, kata dia, dukungan mereka memang tidak terbuka, karena ada aturan yang melarang.

"80 persen ASN itu masih nyaman dengan Rusman, hanya mereka tidak secara terang-terangan," kata Arwaha.

Hal tersebut juga dirasakan mantan Kepala Dinas Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Muna Barat (Mubar), Zakaruddin Saga.

Menurut Zakaruddin, ASN di Muna masih setia dengan Rusman. Buktinya, selama pemerintahanya, tak ada yang pindah tugas akibat kecewa dengan kebijakan-kebijakannya. Beda halnya, dengan di Mubar. Banyak ASN yang kembali di Muna.

Baca juga: COVID-19 Tak Halangi Pemda Konsel Perkenalkan Seni Tradisional

"Kami saja mantan kepala dinas yang sudah pensiun, ada 9 orang yang bergabung ke Rusman. Begitu juga 9 ASN aktif memilih kembali pindah ke Muna. Pasti akan ada pertanyaan, ada apa dengannya? Janganlah kobuka aibnya seseorang," ungkapnya.

Sebagai mantan ASN senior, Zakaruddin tahu persis karakter kepala daerah baik di Muna maupun di Mubar. Baginya, Rusman adalah pemimpin yang memiliki karakter mengayomi seluruh ASN maupun masyarakat.

Sementara itu, LM Rusman Emba berjanji akan memberi perhatian serius pada ASN. Mulai tahun 2021, ASN di Muna akan mendapatkan tambahan penghasilan pegawai (TPP).

"Sudah sementara digodok tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) untuk dianggarkan di APBD 2021," katanya.

Rusman mengaku, baru menganggarkan TPP ASN tahun depan dikarenakan kondisi keuangan daerah mulai stabil. Pemkab telah terbebas dari utang. (A)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga