Apa yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Lemak? Berikut Penjelasannya

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Selasa, 07 Februari 2023
0 dilihat
Apa yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Lemak? Berikut Penjelasannya
Jika kekurangan asupan lemak, tubuh akan lebih sulit berfungsi sebagaimana mestinya. Foto: Repro Klikdokter.com

" Meskipun cukup langka pada orang sehat dengan pola makan yang seimbang, kekurangan lemak makanan dapat terjadi "

KENDARI, TELISIK.ID - Seperti yang kita ketahui jika terlalu banyak mengonsumsi lemak, maka dapat menimbulkan efek samping yakni berat badan bertambah maupun dampak kesehatan lainnya bagi tubuh.

Meski kerap dikaitkan dengan risiko tersebut, ternyata tubuh tetap memerlukan jumlah lemak yang cukup. Jika kekurangan asupan lemak, tubuh akan lebih sulit berfungsi sebagaimana mestinya.

Mengutip dari Hellosehat.com, lemak terdiri dari dua jenis, yaitu lemak jahat dan lemak baik. Terlalu banyak lemak jahat atau lemak jenuh dapat memicu risiko penyakit jantung, stroke, hingga diabetes.

Sementara itu, lemak baik atau lemak tidak jenuh tunggal dan ganda memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Bila Anda menerapkan diet rendah lemak, kadar lemak memang akan turun. Hanya saja, lemak tidak akah hilang sepenuhnya.

Hal ini dikarenakan hampir setiap makanan, kecuali sayur dan buah, mengandung lemak meskipun hanya sedikit. Artinya, Anda tidak mungkin benar-benar bisa menghindari lemak.

Meskipun cukup langka pada orang sehat dengan pola makan yang seimbang, kekurangan lemak makanan dapat terjadi. Ada beberapa kondisi yang membuat Anda berisiko mengalami defisiensi lemak yaitu:

* gangguan makan,

* penyakit radang usus,

* reseksi usus besar (kolektomi),

* fibrosis kistik, dan

* diet yang sangat rendah lemak.

Baca Juga: 9 Penyebab Diabetes di Usia Muda yang Harus Diwaspadai

Dikutip dari Kompas.com, berikut adalah 5 hal yang terjadi pada tubuh jika kekurangan lemak.

1. Kekurangan vitamin

Tubuh membutuhkan lemak dari makanan untuk membantu penyerapan vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K.  

Jika kita tidak mendapatkan cukup nutrisi penting tersebut, kita mungkin mengalami infertilitas, gusi bengkak, mudah memar, rambut kering, depresi, dan nyeri otot.

2. Dermatitis (radang kulit)

Jika tubuh tidak mendapatkan lemak makanan yang cukup, ini bisa memengaruhi kesehatan kulit dan menyebabkan dermatitis.

Dermatitis adalah istilah umum untuk kondisi kulit yang meradang. Dermatitis yang disebabkan oleh kekurangan lemak sering muncul dengan sendirinya sebagai ruam kering dan bersisik.

3. Penyembuhan luka melambat

Menurut penelitian, tubuh membutuhkan lemak untuk membuat banyak molekul penting yang mengontrol respons inflamasi tubuh. Asupan lemak yang rendah bisa mengganggu respons ini dan menyebabkan penyembuhan luka lambat.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan Ini Bisa Bantu Naikan Berat Badan

Kekurangan vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin A dan vitamin D, juga dapat menyebabkan luka sembuh lebih lambat dari seharusnya.

4. Rambut rontok

Molekul lemak dalam tubuh, yang disebut prostaglandin, dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Mengonsumsi terlalu sedikit lemak esensial dapat mengubah tekstur rambut dan meningkatkan risiko kerontokan rambut di kulit kepala atau alis.

5. Mudah sakit

Membatasi asupan lemak secara ketat dapat melemahkan sistem kekebalan dan menyebabkan tubuh lebih rentan sakit. Tubuh membutuhkan lemak makanan untuk menghasilkan beberapa molekul yang merangsang aktivitas sel kekebalan. Asam lemak esensial juga penting untuk pertumbuhan sel imun. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga