Awas, 5 Penyakit Ini Sering Terjadi Usai Lebaran

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 09 Mei 2022
0 dilihat
Awas, 5 Penyakit Ini Sering Terjadi Usai Lebaran
Seringkali kita lupa mengatur pola makan sehat. Alhasil, usai Lebaran, penyakit yang dihasilkan dari pola makan tidak teratur mulai menyerang. Foto: Repro klildokter.com

" Makanan khas Lebaran biasanya manis atau gurih bersantan yang bisa menimbulkan penyakit jika hawa nafsu untuk menyantapnya tak bisa dibendung "

KENDARI, TELISIK.ID - Berkumpul dan makan bersama menjadi salah satu ciri khas dari perayaan Idul Fitri atau Lebaran.

Bahkan seringkali kita sampai lupa mengatur pola makan sehat hingga tidak terkontrol dengan baik. Alhasil, usai Lebaran, penyakit yang dihasilkan dari pola makan tidak teratur mulai menyerang.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, makanan khas Lebaran biasanya manis, atau hidangan penuh cita rasa gurih bersantan dengan lemak. Makanan ini pun bisa menimbulkan penyakit jika hawa nafsu untuk menyantap kuliner lezat tak bisa dibendung.

Lantas apa saja kondisi kesehatan yang wajib diwaspadai setelah Lebaran?

Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia cabang DKI-Jakarta (PDGKI-Jaya) dr. Ida Gunawan, M.S, Sp.GK, M.Kes (K), FINEM seperti dikutip dari Antara, menuturkan , ada lima kondisi kesehatan yang bisa muncul akibat nafsu makan yang tak dikendalikan setelah berpuasa. 

1. Peningkatan gula darah

Kue-kue lebaran yang manis dan mengandung gula boleh dikonsumsi, asal tidak berlebihan, sebab berpotensi meningkatkan gula darah.

Dokter Spesialis Gizi Klinik Konsultan Nutrisi pada Kelainan Metabolisme Gizi yang berpraktik di RS Pondok Indah - Puri Indah mengingatkan untuk mengendalikan diri selepas puasa ketika melihat deretan kue-kue manis yang menggiurkan.

Baca Juga: 10 Alasan Kenapa Harus Rutin Bangun Pagi

2. Peningkatan kadar kolesterol dan lemak darah

Mengonsumsi secara berlebih makanan yang tinggi lemak jenuh bisa meningkatkan kadar kolesterol dan lemak darah. Maka, jangan kalap begitu melihat makanan yang serba santan, daging, gorengan dan hidangan-hidangan creamy.

3. Asam urat naik

Hati-hati dengan menu berisi daging jeroan dan yang berisi kaldu gurih, apalagi dengan tambahan emping. Makanlah secukupnya, jangan berlebihan, pesan Dokter Spesialis Gizi Klinik Konsultan Nutrisi pada Kelainan Metabolisme Gizi yang berpraktik di RS Pondok Indah - Puri Indah.

4. Gangguan pencernaan

Meja makan hampir bisa dipastikan penuh dengan menu-menu Lebaran yang membuat air liur menetes, apalagi bila yang disajikan adalah makanan khas yang hanya dimasak setahun sekali. Maka tak heran bila ada orang yang makan dalam jumlah berlebihan.

Baca Juga: Makanan Sehat Khas Indonesia yang Bisa Dijadikan Menu Halal bi Halal

"Pedas berlebihan, santan berlebihan, kalau yang namanya berlebihan baik pedas, asam, minyak, gula, itu semua tidak baik untuk kesehatan pencernaan kita," kata Ida.

Apalagi bila dalam hidangan yang disantap jumlah seratnya tidak mumpuni, Anda harus berhati-hati agar tidak kena gangguan pencernaan.

5. Berat badan naik

Selama puasa, seseorang punya waktu makan yang teratur, hanya bisa makan selepas matahari terbenam dan sebelum azan Subuh berkumandang. Ketika Idul Fitri tiba, sebaiknya Anda terus menjaga pola makan yang teratur agar berat badan tidak meningkat.

"Bisa bablas naik dengan cepat berat badan karena menu makanan yang dikonsumsi jumlah kalorinya berlebihan," tutup dia. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga