Balon Bupati Bombana Burhanuddin Ungguli Andi Nirwana di Hasil Survei

Melsandy Wauda, telisik indonesia
Rabu, 28 Agustus 2024
0 dilihat
Balon Bupati Bombana Burhanuddin Ungguli Andi Nirwana di Hasil Survei
Aji Andika Mufti, Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah. (Foto: Ist)

" Pengamat Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Aji Andika Mufti, menyebut Burhanuddin berpotensi memenangi Pilkada Bombana pada 27 November 2024 mendatang "

BOMBANA, TELISIK.ID - Pengamat Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Aji Andika Mufti, menyebut Burhanuddin berpotensi memenangi Pilkada Bombana pada 27 November 2024 mendatang.

Ia merujuk dari dua hasil survei yang dilaksanakan oleh Poltracking dan Jaringan Survei Indonesia (JSI) belum lama ini.

Aji menyimpulkan, dalam Pilkada Kabupaten Bombana hanya ada dua nama yang punya nilai elektoral tinggi, yakni Burhanuddin dan Andi Nirwana.

Survei Poltracking yang dilaksanakan April-Mei 2024 menempatkan Burhanuddin di urutan pertama dengan 36,5 persen dan disusul Andi Nirwana 15,1 persen.

Sementara survei JSI yang digelar Juni 2024, Burhanuddin masih unggul dari Andi Nirwana. Burhanuddin menang 41,6 persen, sementara Andi Nirwana 25,2 persen.

Baca Juga: Golkar Sebut Rekomendasi B.1-KWK Kardini Sah

“Jika membaca dua data survei, baik data Poltracking maupun JSI, hanya dua nama ini saja yang cenderung menguat. Bahkan posisi tertinggi ditempati oleh mantan Pj. Bupati Bombana Burhanuddin. Elektabilitasnya dari angka 36 persen hingga di atas 40 persen,” terang Aji, Senin (26/8/2024).

Menurutnya, keunggulan Burhanuddin tidak terlepas dari persepsi kepuasan dan keberhasilannya yang cukup tinggi.

“Walaupun tergolong singkat menjabat sebagai Pj Bupati Bombana, namun Burhanuddin tampil sebagai sosok yang dinilai bisa membenahi Bombana. Ditambah lagi sosoknya diniliai merakyat. Itulah sebabnya mengapa Burhanuddin punya nilai elektoral yang tinggi,” tambahnya.

Baca Juga: Hari Pertama Pendaftaran Bapaslon Belum Ada yang Daftar ke KPU Buton Selatan

Beberapa terobosan Burhanuddin yang dikenang warga Bombana adalah pengadaan listrik 24 jam di Kabaena, mewujudkan impian warga Kabaena menikmati jalan beraspal, dan penataan kota.

Dia juga diketahui mampu menarik investor sekelas PT Green Energy Indonesia untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Bayu di Tontonunu, program UMKM bertajuk One Village One Product (OVOP), hingga mewujudkan Klinik Stunting.

Berkat terobosan Burhanuddin itu kemudian menempatkan Bombana dalam nominasi award Pengendali Inflasi Terbaik Nasional tahun 2023.

Sedangkan Andi Nirwana, menurut Aji, walaupun berstatus istri mantan bupati dua periode dan juga sebagai anggota DPD RI, namun tingkat elektibilitinya sebagai bakal calon bupati Bombana tidak setinggi Burhanuddin.

Aji menilai jika dilihat rata-rata perolehan elektabilitas dua sosok ini dari dua sumber data, Burhanuddin potensial tampil sebagai pemenang. (C)

Penulis: Melsandy Wauda

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga