Bangun Jalan Tol, Bupati Konut Jajaki Kerjasama dengan Pemkot Kendari

Perliyansa, telisik indonesia
Rabu, 10 Maret 2021
0 dilihat
Bangun Jalan Tol, Bupati Konut Jajaki Kerjasama dengan Pemkot Kendari
Bupati Konut, Ruksamin, saat menyambut kunjungan kerja Anggota DPRD Kota Kendari. Foto: Perliyansa/Telisik

" Saya akan membangun pelabuhan di Pulau Labengki dengan mengajak Wali Kota Kendari dan DPRD Kota Kendari untuk bersama-sama membangun pelabuhan. Tujuannya untuk memudahkan akses bagi pengunjung yang ingin ke Pulau Labengki, juga untuk menambah PAD. "

KONAWE UTARA, TELISIK.ID - Bupati Konawe Utara, Ruksamin, menawarkan kerjasama dengan Pemkot Kendari terkait rencananya membangun jalan penghubung Kota Kendari-Konawe-Konawe Utara.

Jalan penghubung yang disebutnya sebagai jalan tol itu, dapat mempersingkat jarak tempuh dari Kota Kendari ke Konawe Utara. Yang tadinya harus menempuh jarak 45 kilometer, dengan jalan tol ini, menjadi 17 kilometer saja.

Rencananya, pembangunan jalan tol ini akan melibatkan tiga daerah yaitu Kota Kendari, Kabupaten Konawe dan Konawe Utara.

"Saya menawarkan konsep kerjasama untuk membuat jalan tol di Kecamatan Kapoiala yang tembus di kawasan industri sepanjang 17 kilometer. Hanya membangun dua jembatan. Waktu tempuh hanya 13 menit saja. Kita tidak usah berputar lewat Kecamatan Pohara yang jaraknya 45 kilometer dan membutukan waktu 1 jam lebih," ujar Ruksamin saat menerima kunjungan kerja Anggota DPRD Kota Kendari, Selasa (9/3/2020).

Ruksamin menambahkan, rencana itu telah disampaikan kepada Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi.

Baca juga: Aplikasi Eletronik Statistik Sektoral Jadi Kebutuhan Pemda Konsel

Dalam kesempatan kunjugan kerja Anggota DPRD Kota Kendari itu, Ruksamin juga menyampaikan keseriusannya dalam mengembangkan destinasi wisata di Pulau Labengki.

"Saya akan membangun pelabuhan di Pulau Labengki dengan mengajak Wali Kota Kendari dan DPRD Kota Kendari untuk bersama-sama membangun pelabuhan. Tujuannya untuk memudahkan akses bagi pengunjung yang ingin ke Pulau Labengki, juga untuk menambah PAD," ungkapnya.

Bupati Konawe Utara dua periode itu optimis wisata Pulau Labengki yang mirip dengan Pulau Raja Ampat akan mampu menambah PAD Konut dan Kota Kendari melalui kerjasama pembangun pelabuhan.

Ia menambahkan, di akhir tahun 2021 ini  Pulau Labengki bisa digunakan untuk membahas anggaran di sana, karena saat ini Pulau Labengki sedang dikembangkan oleh Pemda Konut melalui Dinas Pariwisata.

Anggota  DPRD Kota Kendari, Ilham Hamra, mengapresiasi konsep kerjasama yang diusulkan Bupati Konut. Usulan itu, kata Ilham, akan dibahas bersama Wali Kota Kendari usai kunjungan kerja ini.

"Kami DPRD Kota Kendari selalu mensuport konsep Pak Bupati dan kami akan menyampaikan usulannya kepada wali kota," kata Ilham  Hamra. (B)

Reporter: Perliyansa

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga