Basarnas Sultra Tempatkan Dua Personel di Kolaka Utara

Muh. Risal H, telisik indonesia
Jumat, 19 Agustus 2022
0 dilihat
Basarnas Sultra Tempatkan Dua Personel di Kolaka Utara
Serah terima sertifikat tanah pembangunan Kantor Unit Siaga Basarnas Kolaka Utara dari Bupati Kolaka Utara ke Kepala Basarnas Sulawesi Tenggara, Aris Sofingi. Foto: Muh. Risal H/Telisik

" Sambil menunggu pembangunan kantor unit, untuk sementara personel basarnas berkantor menggunakan gedung pinjam pakai yang akan disediakan oleh pemerintah daerah "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Sulawesi Tenggara tidak lama lagi menempatkan dua orang personel beserta sarana dan fasilitas peralatan yang telah memenuhi standar untuk bertugas di Kantor Unit Siaga Basarnas Kabupaten Kolaka Utara (Kolut).

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Basarnas Sulawesi Tenggara, Aris Sofingi saat serah terima sertifikat tanah lokasi pembangunan Kantor Unit Siaga Basarnas Kabupaten Kolaka Utara, Kamis (18/8/2022) malam.

"Rencana dalam waktu yang tidak terlalu lama kami akan menempatkan dua orang personel untuk bertugas di Kantor Unit Siaga Basarnas Kolaka Utara beserta dengan sarana dan fasilitas pendukung lainnya," terangnya.

Peralatan tersebut, katanya, yakni kendaraan operasional roda dua dan roda empat. Sarana air satu unit, yaitu perahu karet.

"Fasilitas tersebut hanya langkah  awal, pengembangan selanjutnya tentu menyesuaikan kemampuan yang dimiliki basarnas," jelasnya.

Baca Juga: Habiskan Anggaran Rp 10 Miliar, Proyek Jaringan Irigasi Lambale Tahap III Sudah Jebol

Sambil menunggu pembangunan kantor unit, lanjutnya, untuk sementara personel basarnas berkantor menggunakan gedung pinjam pakai yang akan disediakan oleh pemerintah daerah.

"Kami bermohon ke pemerintah daerah untuk memfasilitasi pinjam pakai bangunan yang bisa dipergunakan sementara sambil menunggu arahan dari pusat terkait pembangunan kantor permanen," tukasnya.

Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH menuturkan, penyerahan sertifikat tanah ini merupakan langkah nyata pemerintah daerah mengantisipasi korban bencana alam di Kolaka Utara.

Baca Juga: Kirab Budaya Terbesar di Bumi Patowonua, Ribuan Pelajar Tampilkan Busana Unik

"Setelah hibah tanah dari pemerintah daerah, selanjutnya kami percayakan pihak Basarnas Sulawesi Tenggara menindaklanjuti baik itu pembangunan fisik maupun personel yang akan ditugaskan di Kolaka Utara," bebernya.

Pihaknya berharap, dengan adanya Kantor Unit Siaga, fasilitas sudah langsung dari provinsi dan pusat, sehingga ketika terjadi bencana, upaya penanganan akan lebih cepat.

"Unit siaga ini juga dapat terintegrasi secara langsung dengan dinas terkait dalam rangka penanggulangan bencana, " pungkasnya. (B)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga