Bawa 66 Penumpang, Kapal Mati Mesin di Laut Buton Selatan

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 27 Agustus 2020
0 dilihat
Bawa 66 Penumpang, Kapal Mati Mesin di Laut Buton Selatan
Proses evakuasi penumpang KM. Aksar 02 yang mati mesin di Laut Buton Selatan. Foto: Ist.

" Dengan ditemukannya KM Aksar bersama seluruh penumpang dievakuasi dalam keadaan selamat, operasi dinyatakan selesai dan ditutup. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kapal Aksar 02 mengalami kerusakan mesin di sekitar Perairan Buton Selatan dengan membawa 66 penumpang.

Informasi tersebut diterima Comm Center Basarnas Kendari dari kapten kapal Ahmad yang melaporkan sekira pukul 19.15 Wita KM. Aksar 02 mengalami kerusakan mesin pada bagian gear box di sekitar Perairan Buton Selatan jarak sekitar 17,2 Nm dari Pelabuhan Murhum Baubau.

"Kami menerima laporan kecelakaan KM. Aksar 02 dalam pelayaran dari Pulau Siompu menuju Baubau mengalami kerusakan pada bagian mesinnya dan memerlukan evakuasi terhadap penumpang," ungkap Kepala Basarnas Kendari, Aris Sofingi, Kamis (27/8/2020).

Baca juga: Penderita Hidrocepalus Dikunjungi Istri Kasad

Berdasarkan laporan tersebut, tim Rescue SAR Baubau diberangkatkan menuju lokasi kejadian dengan menggunakan RB 210 untuk memberikan bantuan SAR.

"Di dalam kapal ada 10 ABK dan 66 penumpang," singkat Aris.

Sekira pukul 00.30 Wita, KM. Aksar bersama 10 ABK dan 66 penumpang berhasil dievakuasi di pelabuhan rakyat batu Baubau dalam keadaan selamat.

"Dengan ditemukannya KM Aksar bersama seluruh penumpang dievakuasi dalam keadaan selamat, operasi dinyatakan selesai dan ditutup," pungkas Aris.

Adapun unsur yang terlibat dalam proses evakuasi yakni Pos SAR Baubau, KUPP Baubau dan pihak perusahaan kapal.

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga