Begini Cara Ibu Rumah Tangga Antisipasi Kelangkaan Gas Elpiji 3 Kg

Nyoman Andre Mahendra, telisik indonesia
Rabu, 26 Juli 2023
0 dilihat
Begini Cara Ibu Rumah Tangga Antisipasi Kelangkaan Gas Elpiji 3 Kg
Menyetok tabung gas bisa menjadi alternatif ibu rumah tangga untuk mengantisipasi kelangkaan gas elpiji 3 kg. Foto: Nyoman Andre Mahendra/Telisik

" Ibu rumah tangga di Desa Puosu Jaya, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, berupaya mengantisipasi kelangkaan gas elpiji dengan berbagai cara "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Beberapa minggu terakhir gas elpiji ukuran 3 kg mulai langka, khususnya di Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Ibu rumah tangga berupaya mengantisipasi kelangkaan ini dengan berbagai cara.

Ibu Sinta, ibu rumah tangga warga Desa Puosu Jaya, Kecamatan Konda, menyiasati kelangkaan gas elpiji menggunakan beberapa cara yang unik.

"Ya gas lagi mengalami kelangkaan sekarang, di beberapa agen dan penjual ecer yang biasanya selalu sedia banyak, lagi kosong," ujar Sinta, Rabu (26/7/2023).

Ibu Sinta punya tips khusus untuk mengantisipasi kelangkaan gal elpiji. Sebelum terjadi kelangkaan, yang pertama, ibu-ibu wajib punya tabung di rumah minimal 4 tabung. Kedua, jika sudah terjadi kelangkaan, ibu-ibu perlu mengurangi masakan yang membuat kompor gas hidup lebih lama, misalnya menggoreng atau mengukus.

Baca Juga: Pembelian Gas LPG 3 Kg Dibatasi, Bakal Pake KTP?

Ibu rumah tangga lainnya, Ibu Febri juga mengungkapkan hal yang sama. Dia mengatakan, ibu rumah tangga harus pintar-pintar menyiapkan strategi sebelum kelangkaan terjadi.

"Kemarin untung saya sudah beli gas 2 tabung, karena saran dari ibu Sinta juga, jadi saya stok di rumah 3 buah dan semua terisi," ujar Febri.

Baca Juga: Gara-Gara Aturan Baru, Elpiji 3 Kg di Jawa Timur Langka

Awalnya dia takut menyetok tabung gas karena khawatir meledak. Tapi setelah terjadi kelangkaan ini, mau tidak mau dia harus mengantisipasinya.

Langkanya gas elpiji bukan hanya terjadi di tingkat rumah tangga, tetapi juga di pihak agen.

"Saya sudah satu minggu ini menunggu pengantaran tabung gas, tapi belum ada yang diantarkan. Saya coba konfirmasi, mereka hanya menjawab sabar bu," ungkap salah satu agen di Konawe Selatan yang enggan menyebutkan namanya. (A)

Penulis: Nyoman Andre Mahendra

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga