Begini Cara Merawat Bayi Baru Lahir yang wajib Anda Ketahui

Ahmad Sadar, telisik indonesia
Sabtu, 02 Januari 2021
0 dilihat
Begini Cara Merawat Bayi Baru Lahir yang wajib Anda Ketahui
Seorang ibu yang baru saja melahirkan buah hatinya. Foto: Repro nakita.grid.id

" Banyak orang tua, terutama yang baru pertama kali memiliki anak, masih kebingungan dalam merawat bayi baru lahir. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kehadiran bayi bukan saja menguras tenaga dan emosi, namun juga menimbulkan kekhawatiran bagi sebagian orang tua, khususnya pasangan yang baru mendapat momongan.

Banyak orang tua, terutama yang baru pertama kali memiliki anak, masih kebingungan dalam merawat bayi baru lahir.

Mungkin Anda telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut kehadiran buah hati sejak jauh-jauh hari, tapi tetap saja Anda memerlukan penyesuaian besar untuk menjalani peran baru Anda sebagai orang tua.

Olehnya itu, melansir dari Alodokter.com, berikut ini beberapa hal yang wajib Anda perhatikan saat merawat bayi yang baru lahir:

1. Menjaga kebersihan dan keamanan bayi

Jagalah kebersihan tangan saat hendak memegang atau menggendong bayi yang baru lahir. Cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh Si Kecil agar dia terhindar dari serangan kuman dan virus.

Berhati-hatilah saat menggendong bayi yang baru lahir, terutama cara Anda memegang bagian kepala dan lehernya.

Jangan pernah menguncang-guncang bayi saat menenangkannya karena dapat menyebabkan perdarahan di otak.

Baca juga: 4 Tips Pertahankan Pernikahan Setelah Diselingkuhi

2. Memandikan bayi

Hindari memandikan bayi baru lahir sebelum tali pusatnya copot dan area pusarnya kering. Cukup seka Si Kecil dengan waslap. Setelah tali pusatnya copot, mandikan Si Kecil dengan sampo dan sabun yang diformulasikan khusus untuk bayi. 

Bila perlu, tanyakan kepada dokter mengenai produk yang cocok untuk bayi baru lahir. Selain itu, siapkan juga peralatan yang sesuai untuk memandikan bayi baru lahir, seperti bak mandi bayi dan handuk yang lembut.

3. Mengganti popok

Salah satu perawatan bayi baru lahir yang dianggap sulit adalah memasang popok. Anda mungkin akan mengganti popok Si Kecil hingga 10 kali dalam sehari, tergantung asupan yang diterimanya.

Umumnya, bayi yang diberikan susu formula sejak lahir akan lebih sering pipis dan buang air besar dibandingkan bayi yang diberi ASI.

Perlu Anda ketahui, bayi biasanya pertama kali buang air besar 1–2 setelah lahir. Kotoran bayi baru lahir berupa mekonium berwarna hitam. 

Mekonium sendiri terdiri dari lendir, cairan ketuban, dan segala sesuatu yang ditelan bayi saat berada di dalam rahim.

4. Memberi susu

Umumnya, bayi perlu diberi susu 8–15 kali dalam sehari. Ini karena kapasitas perut bayi masih sangat kecil. Susui Si Kecil secara berkala, tanpa harus menunggunya menangis terlebih dahulu.

Hal ini karena saat menangis, bayi akan lebih sulit menelan susu sebab lidahnya tidak berada dalam posisi yang tepat untuk meneguk cairan.

Baca juga: Suasana Hati Anda Sedang Memburuk? Atasi dengan 5 Makanan Ini

Pada awalnya, menyusui bayi mungkin terasa sulit. Tapi seiring waktu, Anda dan Si Kecil akan semakin mahir dalam proses ini.

Selain itu, anjuran penting bagi orang tua bahwa merawat bayi baru lahir memang bukan hal yang mudah dan cukup melelahkan.

Banyak orang tua, khususnya yang baru pertama kali memiliki bayi, merasa kewalahan dan stres, bahkan hingga jatuh sakit.

Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kesehatan dan mengelola stres yang mungkin Anda rasakan saat mengurus bayi baru lahir.  

Kemudian tetap menjaga kondisi fisik, jangan takut, tunda dahulu pekerjaan lain dan jangan mengurung diri serta tahu kapan meminta bantuan kepada orang tua atau orang di sekeliling Anda.

Yang tidak kalah penting untuk diingat, saat menjadi orang tua baru, Anda mungkin akan mendengar banyak sekali komentar dari luar sana.

Bahkan, tidak sedikit komentar yang menjadi mom shaming atau dad shaming. Nah, hal-hal ini jangan terlalu dipusingkan dan diambil hati. Yang terpenting adalah Anda yakin sudah melakukan yang terbaik untuk buah hati Anda. (C)

Reporter: Ahmad Sadar

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga