Begini Kondisi Mahasiswi UHO Usai Diduga Dua Kali Dilecehkan Prof B

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 21 Juli 2022
0 dilihat
Begini Kondisi Mahasiswi UHO Usai Diduga Dua Kali Dilecehkan Prof B
Kasus dugaan pelecehan yang dilakukan Prof B pada mahasiswi Universitas Halu Oleo terus menjadi perbincangan. Bahkan kondisi korban ikut terganggu dengan kejadian tersebut. Foto: Repro inibaru.id

" Kasus dugaan pelecehan yang dilakukan salah satu oknum dosen yang belakangan diketahui merupakan seorang Profesor berinisial B kepada mahasiswinya masih jadi perbincangan hangat "

KENDARI, TELISIK.ID - Kasus dugaan pelecehan yang dilakukan salah satu oknum dosen yang belakangan diketahui merupakan seorang Profesor berinisial B kepada mahasiswinya masih jadi perbincangan hangat.

Pihak keluarga membeberkan kondisi R mahasiswi Universitas Halu Oleo (UHO) yang mengaku dilecehkan sebanyak dua kali oleh guru besar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UHO.

Paman korban M menceritakan saat ini R sangat trauma secara psikis maupun mental dengan kejadian yang saat ini ia alami. Bahkan korban sampai tidak mau lagi melanjutkan kuliahnya akibat hal tersebut.

"Biar makan minum sekarang sudah tidak biasa. Apalagi mau kuliah saya sangat malu, apalagi beritanya sudah menyebar di mana-mana," ucap korban kepada pamannya.

Diketahui korban adalah anak yatim piatu dan saat ini tinggal bersama pamannya M. Saat ini juga sering korban sering murung.

Pelecehan yang dialami R itu bermula, ketika ia mendatangi rumah Prof B dibilangan perumahan dosen Kecamatan kambu, Kota Kendari untuk menyetor tugas yang telah ia kerjakan.

Baca Juga: Laporkan Perwira Polisi Atas Dugaan Sebarkan Berita Bohong, Warga Kota Medan Diperiksa

Namun setelah bergegas pulang tiba-tiba Prof B  menarik wanita 20 tahun itu dan menciumnya. R yang kaget pun berusaha melepaskan diri dari perlakuan Prof B.

Sementara itu Kasat Reskrim Polresta Kendari, AKP Fitrayadi mengatakan sudah mengirim surat undangan klarifikasi kepada oknum dosen berinisial B. Hal itu berdasarkan aduan mahasiswi UHO berinisial R (20) yang mengaku dilecehkan salah satu oknum dosen UHO.

"Pemberian klarifikasi oleh terduga pelaku dijadwalkan pada Jumat (22/7/2022) besok," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Rektor UHO Prof. Dr. Muh. Zamrun Firihu, S.Si. M.Si. M.Sc akhirnya angkat bicara soal dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oknum dosen UHO berinisial Prof B kepada mahasiswi berinisial R.

Prof. Zamrun saat ditemui di kampus Pascasarjana UHO mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan mengenai dugaan kasus pelecehan seksual yang dilakukan oknum dosen UHO berinisial B.

Baca Juga: Pengacara Brigadir J Bongkar Temuan Baru: Leher Dijerat Kawat dan Kuku Dicabut, Ulah Psikopat

"Kami sudah ada kode etik mahasiswa dan dosen, kami menindak sesuai aturan karena semua itu sudah diatur Permen Dikbud Ristek Nomor 30 Tahun 2021 tentang pencegahan dan penanganan kekerasan seksual. Kami sudah menerima laporan kemarin," ungkapnya, Kamis (21/7/2022).

Prof. Zamrun menegaskan, jika memang ada laporan masuk, maka akan ditindaklanjuti dan pihak kampus tidak akan menutupi kasus tersebut. Jika nantinya B terbukti melakukan pelecehan seksual, sanksi tegas telah disiapkan.

“UHO sebagai lembaga pendidikan tidak mentoleransi apabila ada pelanggaran aturan, melanggar etika, siapa pun juga tidak hanya dosen, mahasiswa juga, termasuk yang merusak nama lembaga, jadi semua kita proses sesuai aturan yang berlaku,” tegasnya. (B)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Musdar

Baca Juga