Belum Tuntas Penyusunan APBDes 2023 Berimbas pada Dana Desa

Putri Wulandari, telisik indonesia
Sabtu, 25 Maret 2023
0 dilihat
Belum Tuntas Penyusunan APBDes 2023 Berimbas pada Dana Desa
Rakor kepala desa dan lurah se-Kabupaten Muna Barat. Foto: Ist.

" Beberapa desa di Muna Barat belum menuntaskan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2023 "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Beberapa desa di Muna Barat belum menuntaskan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2023. Hal itu berimbas pada pencairan anggaran dana desa (DD) tahap pertama.

Diketahui, dari 81 desa yang ada di Muna Barat, 44 desa yang belum mencairkan DD tahap pertama. Ada satu kecamatan yang seluruh desanya belum mencairkan DD yaitu Kecamatan Barangka.

Untuk itu, Penjabat Bupati Muna Barat, Bahri, meminta kepada 44 desa yang belum mencairkan dana desa tahap pertama, segera menyelesaikan penyusunan APBDes tahun anggaran 2023.

"Selesaikan segera mungkin, mengingat ini sebagai syarat pencairan dana desa dan alokasi dana desa," ungkap Bahri, Sabtu (25/3/2023).

Baca Juga: Pemanfaatan Dana Desa Diimbau untuk Pencegahan Stunting

Bahri mengatakan, dorongan perekonomian saat ini yang ada di Muna Barat masih sangat tergantung pada belanja desa atau APBDes.

Melalui kinerja pemerintahan desa, diharapkan bisa membantu melaksanakan berbagai program pemerintah pusat, salah satunya peningkatan konsumsi dan daya beli masyarakat serta memperkuat ketahanan ekonomi.

Baca Juga: Biaya Pelatihan eDMC dan eHDW Disoal, Kadis PMD Sebut Dananya Termuat di APBDes

Sementara itu, Kepala Desa Bungkolo, Anwar Lapengge, berjanji akan segera menindaklanjuti instruksi Pj bupati dengan segera menyusun APBDes.

"Minggu depan sudah mau penetapan," singkat Anwar Lapengge. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga