Berburu Baju Lebaran, Warga Kendari Tetap Patuh Protokol Kesehatan

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Minggu, 02 Mei 2021
0 dilihat
Berburu Baju Lebaran, Warga Kendari Tetap Patuh Protokol Kesehatan
Masyarakat Kendari berburu baju lebaran. Foto: Boy Candra F./Telisik

" Saya datang ke toko ini untuk membeli baju lebaran, untuk itu penting sekali mematuhi protokol kesehatan karena pemerintah sudah mengimbau untuk mematuhinya "

KENDARI, TELISIK.ID - Lebaran sebentar lagi. Seperti biasa, masyarakat Kota Kendari mulai memadati pusat perbelanjaan. Tujuannya adalah  berburu diskon dan harga murah yang ditawarkan setiap toko.

Seperti yang terlihat di Toko Serba 35.000. Uniknya, Toko Serba 35.000 ini mematok harga seperti yang tertera pada nama tokonya. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa setiap harinya terlebih menjelang Hari Raya Idul Fitri, toko ini dipadati pembeli.

Seperti yang diungkapkan oleh salah satu pembeli, Widodo. Kepada Telisik.id Widodo mengaku datang ke toko ini untuk membeli baju lebaran.

“Saya datang ke toko ini untuk membeli baju lebaran, untuk itu penting sekali mematuhi protokol kesehatan karena pemerintah sudah mengimbau untuk mematuhinya,” ungkap Widodo, Minggu (2/5/2021).

Tampak pengunjung toko yang lain juga dengan tertib mengenakan masker. Meskipun ada beberapa di antaranya yang membandel.

Sebagian besar pengunjung juga menyempatkan mencuci tangan di tempat yang disiapkan, saat hendak masuk atau ke luar toko.  

Baca Juga: Peringati Hardiknas, Mahasiswa di Kendari Gelar Demonstrasi

Tampak tukang parkir pun tak segan menegur pengunjung yang tak menggunakan masker. Telisik.id mencoba bertanya kepada salah satu pengunjung yang sedang berada di luar toko, menanyakan pentingnya mematuhi protokol kesehatan ketika akan berbelanja.

“Saya kesini datang untuk lihat-lihat barang siapa tau ada yang dibeli. Saya agak susah bernafas di dalam karena sesak. Karena itu saya ke luar dan maskernya saya buka dulu. Menurut saya dalam toko ini semua orang sudah menggunakan masker. Saya merasa penting menggunakan masker karena COVID-19, terlebih kita bertemu orang banyak di dalam toko," ungkap Heati.

Fonomena berburu baju baru seperti ini memang selalu terjadi menjelang lebaran. Setiap orang ingin mengenakan pakaian baru ketika bersilahturahmi bersama sanak keluarga.

Terkadang orang tua dan anak akan diajak untuk memilih dan menimbang harga yang murah untuk digunakan di hari raya. Seperti yang dijumpai oleh Telisik.id, seorang bapak yang sedari tadi menggendong bayinya.

Bapak ini bernama Wawan. Ia mengungkapkan, datang ke toko ini bersama istri untuk membeli baju anak-anak. Mumpung harga di toko ini murah.

Baca Juga: Lahir Tanpa Lubang Anus, Bayi Asal Kolut Jalani Operasi Berkat Donasi Warga

"Sementara ibunya sedang berbelanja di dalam, saya yang menjaga anak di luar. Walaupun begitu saya harus tetap menggunakan masker karena harus patuh pada protokol kesehatan,” tuturnya.

Dari amatan Telisik.id, para pengunjung tempat ini sadar akan penggunaan masker. Terlebih pemerintah sudah menganjurkan mematuhi protokol kesehatan. Mengingat pandemi belum juga berakhir, untuk itu setiap kalangan harus selalu menerapkan 3M ketika berada di keramaian seperti pusat perbelanjaan dan tempat berkumpulnya orang banyak. (A)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga