Logo Telisik.id

Berikut 6 Fenomena Alam yang Mencengangkan Ilmuwan

345 dibaca Berikut 6 Fenomena Alam yang Mencengangkan Ilmuwan

Fenomena alam yang mencengangkan, api abadi di balik air terjun, Eternal Flame Falls. Foto: Repro Tribunnews.com

" Bahkan para ilmuwan tercengang dan belum mampu memahami fenomena itu secara utuh."

KENDARI, TELISIK.ID - Di beberapa negara terjadi fenomena alam yang mencengangkan ilmuwan.

Saat ini kemajuan sains dan teknologi berkembang dengan pesat. Namun, perkembangan itu belum mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan manusia baik tentang dirinya, pun fenomena alam.

Beberapa fenomena di dunia ini misalnya, dianggap sangat ajaib. Fenomena itu dianggap tidak masuk akal.

Bahkan para ilmuwan tercengang dan belum mampu memahami fenomena itu secara utuh. Berikut enam fenomena tersebut yang kami sadur dari berbagai sumber.

1. Taman dalam Air, Gruner Sea, Austria

Gruner Sea berarti danau hijau atau dalam bahasa inggris green lake. Dinamakan demikian karena airnya jernih layaknya zamrud hijau.

Danau ini terletak di pedesaan Tragos-Styria, Austria. Di dalam danau ini terdapat taman indah. Danau ini dikelilingi oleh hutan dan Pegunungan Hochschwab yang luasnya sekira 4.000 meter persegi.

Setiap tahun saat salju dari pegunungan Karst mencair yang menyebabkan taman ini terendam dan menjadi kolam besar. Semua jalan dan bangku di taman itu pun terendam air.

Baca juga: Siapa Joan Mir, Juara Dunia MotoGP 2020

Selama musim dingin kedalaman danau ini hanya 1-2 meter. Namun selama musim semi, saat suhu naik dan salju mencair kedalaman mecapai 12 meter.

Bagi anda yang ingin berkunjung berenang atau menyelam di taman dalam air, jadwalkan pada pertengahan Mei hingga Juni. Saat itu pemandangan ini terlihat lebih indah.

2. Matahari tidak terbenam, Longyearbyen, Norwegia

Fenomena mencengangkan selanjutnya adalah matahari yang tidak terbenam. Ini bisa dijumpai di Longyearbyen di Norwegia.

Tempat yang berada di utara Greenland di Laut Arctic ini, selama 20 April hingga 23 Agustus, matahari di daerah ini tidak pernah tenggelam. Jika anda berada di tempat selama itu anda tidak akan menjumpai malam.

Lalu kapan waktu tidurnya? Jika muslim bagaimana menunaikan salat magrib, isya, dan subuh?

3. Petir menyambar tanpa henti, Venezuela

Fenomena ini terjadi di Barat Daya Danay Maracaibo, Relampago del Catatumbo, Venezuela. Puluhan hingga ratusan petir yang terus menyambar tanpa henti.

Frekuensi munculnya sambaran petir selalu sama yaitu 250 sambaran per kilometer setiap tahunnya. Sampai saat ini, hal tersebut masih menjadi misteri sains.

Baca juga: Profil Joe Biden Presiden Terpilih AS ke-46

4. Api abadi di balik air terjun, Eternal Flame Falls, New York

Chestnut Ridge County Park, New York ada  air terjun yang dibaliknya memiliki bayangan kuning. Bayangan kuning itu merupakan kobaran api yang tak pernah padam walau terkena semburan air.

5. Air Sungai yang Tidak Menyatu, Swiss

Fenomena yang mencengangkan selanjutnya adalah pertemuan dua sungai di Swiss. Air di sungai ini bertemu tapi tidak menyatu.

Dua sungai ini bernama Rhone dan Arve. Air dari sungai pertama memiliki warna air biru, sedangkan lainnya berwarna coklat.

 

Air sungai yang tak menyatu. Foto: Repro travelingyuk.com

 

Warna air yang biru adalah milik Sungai Rhone sedangkan aliran air berwarna cokelat merupakan milik dari Sungai Arve. Kedua sungai ini memiliki hulu dan jalur aliran sungai yang berbeda.

Titik pertemuannya terjadi di kawasan La Jonction. Disinilah keajaiban itu terjadi.

6. Jembatan misterius bawah laut, India dan Sri Lanka

Jembatan ini oleh masyarakat lokal disebut sebagai Sithubanda atau Rama Setu. Jembatan ini dinamai Jembatan Adam oleh kartografer Inggris pada tahun 1804.

Jembatan ini adalah rantai batu kapur antara pulau Mannar, di dekat Sri Lanka barat laut dan Rameswaram, di pantai tenggara India. Sehingga jembatan ini menghubungkan India dan Sri Lanka.

Panjang jembatan ini mencapai 28 km. Saat laut pasang, jembatan ini hanya terlihat samar-samar. Namun, saat laut surut, jembatan ini mudah terlihat dari permukaan laut karena kedalamannya hanya sekira 1,2 meter. (C)

Reporter: Haidir Muhari

Editor: Haerani Hambali

Post Tags:

Copyright © 2019 telisik.id . All rights reserved.

Main Menu

Beranda

Rubrik

News
Metro
Kasus
Peristiwa
Sosok
Cerita
Sehat
Foto
Video