Bertambah Satu Positif COVID-19 di Baubau, Pasien Isolasi Mandiri

Ridwan Amsyah, telisik indonesia
Jumat, 08 Mei 2020
0 dilihat
Bertambah Satu Positif COVID-19 di Baubau, Pasien Isolasi Mandiri
dr Lukman bersama dr Wahyu saat konferensi pers di Sekber TG Satgas Kota Baubau. Foto: Ridwan/Telisik

" Saat ini total ada lima kasus positif COVID-19 di Baubau dari hasil tes PCR tanggal 2 Mei 2020 lalu. "

BAUBAU, TELISIK.ID -  Pasien positif COVID-19 di Kota Baubau bertambah satu. Pasien merupakan cluster Raha yang kontak dengan pasien 04 tiga minggu yang lalu.

"Saat ini total ada lima kasus positif COVID-19 di Baubau dari hasil tes PCR tanggal 2 Mei  2020 lalu," ucap Juru Bicara Tim Gugus Satuan Tugas (TG Satgas) Baubau dr Lukman, Jumat (8/5/2020), di Sekretariat  Bersama (Sekber) TG satgas Kota Baubau.

"Sebenarnya ada 7 sampel  yang kami kirim untuk swab PCR pada 2 Mei lalu, tetapi yang keluar baru dua, dan pasien dinyatakan negatif dan satu lagi dinyatakan positif. Pasien 05 adalah lelaki berumur 11 tahun," lanjutnya.

dr Lukman juga menyebut, pasien 05 melakukan karantina mandiri di rumahnya atas jaminan keluarganya.

Baca juga: Enam OTG Asal Bombana Uji Swab di Kendari

"Kami juga belum menetapkan ini sebagai transmisi lokal, karena baru generasi pertama, sedangkan transmisi lokal terjadi apabila ada generasi ke dua dan ke tiga dalam satu wilayah," tambahnya.

Hal lain yang disampaikan dr Lukman ialah,  kondisi pasien 01, 02, 03, dan 04 dalam kondisi stabil dan menjalani beberapa program kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Baubau.

"Juga saat ini jumlah OTG  berjumlah 127, ODP berjumlah 15, dan PDP 1 orang," tukas dr Lukman.

Terakhir, dr Lukman menyarankan kepada seluruh masyarakat Kota Baubau agar tetap mematuhi protokol COVID-19 yang telah ditetapkan pemerintah.

Reporter: Ridwan Amsyah

Editor: Sumarlin

Baca Juga