Bidik Wali Kota Kendari, Hendrawan Sumus Gia Siap Kembangkan UMKM

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 27 Mei 2024
0 dilihat
Bidik Wali Kota Kendari, Hendrawan Sumus Gia Siap Kembangkan UMKM
Bidik Wali Kota Kendari Hendrawan Sumus Gia bakal kembangan para pelaku UMKM. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Sejumlah Bakal Calon (Balon) Wali Kota Kendari terus mematangkan persiapan dalam menghadapi Pilkada pada 27 November mendatang "

KENDARI, TELISIK.ID - Sejumlah Bakal Calon (Balon) Wali Kota Kendari terus mematangkan persiapan dalam menghadapi Pilkada pada 27 November mendatang.

Salah satunya Hendrawan Sumus Gia, yang berlatar belakang dari seorang pengusaha kini kian mantap untuk maju memaksimal kesiapannya dalam menghadapi momentum Pilwali Kota Kendari periode 2024-2029.

Hendrawan mengaku sudah menyiapkan diri maju sebagai Calon Wali Kota Kendari karena melihat kebijakan-kebijakan pemerintah saat ini tidak memihak kepada para pedagang.

Baca Juga: Pengusaha Muda Ini Bertarung di Pilkada Muna Barat

"Contohnya pembangunan pasar Wua-Wua yang berada di tengah kota, namun sampai saat ini tidak dinikmati oleh masyarakat, padahal anggarannya besar," jelasnya, Senin (27/5/2024).

Ia menambahkan, saat itu pihaknya pernah meminta agar pasar tersebut dikembalikan menjadi pasar tradisional dimana anggaran kecil dan tidak memberatkan para pedagang.

Lebih lanjut, kata Hendrawan, fakta lapangan saat ini pasar Wua-Wua atau pasar kota tidak seperti rencana awal dan itu gagal, dimana yang menerima dampak saat ini pedagang bukan pemerintah.

"Belum lagi kalau mereka keluar berjualan di pinggir jalan kena gusur, itulah yang saya bilang kebijakan tidak memihak pedagang," bebernya.

Hendrawan membeberkan dirinya telah melakukan studi banding di beberapa daerah dan menjelaskan bahwa tidak bisa suatu daerah dibangun hanya dengan investor.

Selain itu, tambah Hendrawan, ekonomi kerakyatan itu penting karena jangka panjangnya yang akan membangun kota ini.

"Kendari sebagai kota jasa paling penting untuk diumumkan, apalagi saya selalu bicara tentang ekonomi kerakyatan, sangat sedikit yang memahami terkait ekonomi kerakyatan," tegasnya.

Sebagai pengusaha muda lokal, Hendrawan memperjuangkan ruang bagi pengusaha-pengusaha lokal Kendari untuk menjadi tuan di negerinya sendiri dengan pola ekonomi kerakyatan yang akan dibangun, juga keberpihakan kepada pengusaha-pengusaha kecil.

Baca Juga: Pendiri PDIP Sulawesi Tenggara Dukung AJB Nyalon di Pilkada Muna

Karena menurutnya, pengusaha-pengusaha kecil itu yang kelak akan menjadi motor pembangunan kota.

Hendrawan optimis dirinya akan di usung oleh Partai Golkar, dan dirinya juga telah melakukan komunikasi dengan beberapa partai politik lain seperti PDIP dan Gerindra.

"Saya tidak banyak membangun komunikasi dengan partai lain karena semakin banyak calon semakin bagus," pungkasnya. (C)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga