Bila Plt Bupati Muna Maju jadi 01, Inspektur tak Tergiur Dilamar 02

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 04 April 2024
0 dilihat
Bila Plt Bupati Muna Maju jadi 01, Inspektur tak Tergiur Dilamar 02
Inspektur Muna, La Koanto mengaku tak mau menjadi 02 bila Plt Bupati, Bachrun Labuta maju menjadi 01. Foto: Ist.

" Satu persatu birokrasi lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Muna yang namanya disebut-sebut masuk dalam bursa bakal calon wakil bupati (Bacawabup), mulai buka suara "

MUNA, TELISIK.ID - Satu persatu birokrasi lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Muna yang namanya disebut-sebut masuk dalam bursa bakal calon wakil bupati (Bacawabup), mulai buka suara.

Setelah Sekda, Eddy Uga dan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Fajaruddin Wunanto yang tertarik menjadi Bacawabup, LM Rajiun Tumada, kini giliran Inspektur, La Koanto.

Koanto menegaskan, meski Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta akan maju sebagai Cabup (01), dirinya tidak tergiur dilamar menjadi calon 02. Alasannya, simpel saja. Sebagai bawahan, ia menghormati dan patuh terhadap atasannya. Lalu dari sisi kedekatakan, ia masih ada hubungan emosional kekeluargaan dengan Plt bupati.

Baca Juga: Daya Serap Anggaran Rendah, DPRD Muna Minta Pertanggungjawaban TAPD

"Prinsipnya sebagai bawahan saya loyal terhadap atasan. Ketika, atasan maju menjadi 01, sangat tidak etis saya melawan untuk menjadi 02," kata Koanto, Kamis (4/4/2024).

Kini, Koanto masih fokus untuk menyukseskan visi-misi Bupati-Wabup, LM Rusmam Emba-Bachrun Labuta. Namun lain sisi, jika nantinya Plt bupati menjadi 02, ASN yang akan pensiun Desember 2025 itu menyatakan sikap akan menerima dipinang dari figur-figur 01.

"Bukan saja pak Rajiun, balon-balon lain yang mau meminang menjadi 02, saya pasti terima," ungkapnya.

Sebelumnya, Balon Bupati Muna, LM Rajiun Tumada telah merilis nama-nama yang akan dipinang di Pilkada 27 November mendatang.

Mantan bupati Muna Barat itu menyebut ada delapan nama yang berlatar belakang birokrasi, politisi dan pengusaha. Adalah Sekda, Eddy Uga, Kadis PMD, Fajaruddin Wunanto, Istri Bupati Muna, Yanti Setiawati, Inspektur, La Koanto, Ketua DPD II Golkar Muna, Muhamad Natsir Ido dan Indra Jaya.

Sekda dan kadis PMD telah menyatakan sikap ogah menjadi 02. Sebab keduanya, masih fokus untuk berkarir di birokrasi.

Baca Juga: Plt Bupati Muna Ingatkan Pemudik Jaga Keselamatan, Polisi Beri Pelayanan Prima

"Digadang-gadang menjadi Bacawabup, suatu kebanggaan bagi saya. Namun, saya belum berpikiran ke politik. Saya masih fokus menyelesaikan tugas-tugas sebagai ASN," kata Eddy.

Begitu pula dengan Ketua DPD II Golkar Muna, Muhamad Natsir Ido menganggap hal yang mustahil bila akan berpasangan dengan Rajiun. Sebab, partainya telah merekomendasikan LM Ihsan Taufik Ridwan sebagai cabup Muna.

"Golkar sudah mencalonkan Ihsan, tidak mungkin bagi saya melampaui hasil keputusan itu. Karena, keputusan itu diputuskan ada saya di dalamnya," tegasnya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga