BKKBN Sulawesi Tenggara Dorong Ibu Hamil Penuhi Nutrisi Cegah Stunting

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 17 Agustus 2023
0 dilihat
BKKBN Sulawesi Tenggara Dorong Ibu Hamil Penuhi Nutrisi Cegah Stunting
BKKBN Sulawesi Tenggara menerima konsultasi seorang ibu tentang kehamilan. Foto: Facebook BKKBN Sultra

" BKKBN Sulawesi Tenggara mengajak masyarakat untuk memulai upaya cegah stunting sejak dini, mulai dari masa kehamilan hingga usia anak 2 tahun "

KENDARI, TELISIK.ID - Memahami pentingnya peran nutrisi dalam pertumbuhan anak, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Tenggara mengajak masyarakat untuk memulai upaya cegah stunting sejak dini, mulai dari masa kehamilan hingga usia anak 2 tahun.

Hal tersebut disampaikan Kepala Perwakilan BKKBN Sulawesi Tenggara, Asmar. Menurutnya, langkah-langkah pencegahan stunting sebenarnya dimulai jauh sebelum anak dilahirkan. Pembentukan otak dan pertumbuhan anak telah dimulai sejak dalam kandungan ibu.

“Pembentukan otak itu sudah terjadi saat dalam kandungan. Maka ibu hamil harus memperhatikan asupan makanan begizi. Karena stunting bukan hanya soal pendek saja, tapi juga IQ yang lambat,” katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Lebih lanjut, kata dia, nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu hamil memiliki dampak besar terhadap perkembangan otak anak. Sebanyak 70 persen pembentukan otak anak terjadi saat dalam kandungan.

Baca Juga: BKKBN Sulawesi Tenggara Optimal Atasi Munculnya Stunting Baru

Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan dan mengonsumsi makanan bergizi yang cukup, serta menghindari masalah seperti anemia atau kadar hemoglobin yang rendah.

BKKBN Sulawesi Tenggara melakukan edukasi stunting ke masyarakat. Foto: Facebook BKKBN Sultra

 

“Kita mencegah stunting sejak 1000 hari pertama kehidupan (HKP). Itu dimulai sejak anak masih dalam kandungan sampai usia 2 tahun setelah lahir. Jadi mulai dari ibu masih hamil hingga menyusui asupan gizi dan nutrizi makanannya harus dijaga,” ujarnya.

Baca Juga: BKKBN Sulawesi Tenggara Tanamkan Peduli Stunting pada Mahasiswa

Sebagai tambahan, dikutip dari kemkes.go.id,  langkah pencegahan stunting yang efektif salah satunya adalah memenuhi kebutuhan gizi sejak hamil.

Tindakan ini relatif ampuh karena Lembaga Kesehatan Millenium Challenge dalam laporan Kementerian Kesehatan menyarankan agar ibu yang sedang mengandung selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi maupun suplementasi. Kebutuhan nutrisi ibu akan meningkat selama masa kehamilan untuk mendukung pertumbuhan janin. (B-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga