BMKG Imbau Warga Waspada, Hujan Lebat Hingga Akhir Pekan

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Jumat, 05 Juni 2020
0 dilihat
BMKG Imbau Warga Waspada, Hujan Lebat Hingga Akhir Pekan
Intensitas hujan di wilayah Kota Kendari terus meningkat, BMKG memprediksi hingga akhir pekan ini. Foto: Ist.

" Faktor-faktor ini mendorong terjadinya pertumbuhan awan hujan yang cukup masif di wilayah Kendari dan sekitarnya terutama daerah pesisir Timur Sultra. "

KENDARI, TELISIK.ID - BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, memprediksi hujan masih akan mengguyur Kota Kendari hingga akhir pekan ini.

"Melalui  analisis dinamika atmosfirnya, untuk prakiraan cuaca Kota Kendari dan sekitarnya hari ini dan besok masih berpeluang hujan ringan, akan tetapi pada siang dan sore hari terjadi peningkatan intensitas hujan sedang sampai lebat yang dapat disertai guntur dan angin kencang," ucap Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal Habibie, saat dihubungi Telisik.id, Jumat (5/6/2020).

Menurut Faisal, peningkatan intensitas hujan ini diakibatkan beberapa faktor, mulai dari masih rendahnya kelembaban pada lapisan rendah berkisar 70-90 persen.

"Indek labilitas yang cukup kuat sehingga menambah  pertumbuhan awan-awan hujan seperti awan cumulunimbus di wilayah Kendari dan sekitarnya," ungkapnya.

Baca juga: Pasien COVID-19 Sembuh Setelah Minum Suplemen Herbal

Selain itu, dipengaruhi juga oleh suhu permukaan laut di wilayah Sulawesi Tenggara yang cukup hangat, manambah suplai uap air di wilayah Kendari dan sekitarnya. Serta adanya belokan-belokan angin.

"Faktor-faktor ini mendorong terjadinya  pertumbuhan awan hujan yang cukup masif di wilayah Kendari dan sekitarnya terutama daerah pesisir Timur Sultra," tambah Faisal.

Oleh karena ini BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kendari mengimbau agar masyarakat terus waspada dan berhati-hati akibat peningkatan curah hujan tersebut yang diprediksi hingga akhir pekan.

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga