adplus-dvertising

Bombana Miliki Pembibitan Jambu Mete, 51 Ribu Bibit Siap Tanam

Hir Abrianto, telisik indonesia
Selasa, 27 September 2022
493 dilihat
Bombana Miliki Pembibitan Jambu Mete, 51 Ribu Bibit Siap Tanam
Sertifikasi benih jambu mete nurseri oleh Balai Pembenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Surabaya. Foto: Ist.

" Tahun 2022 Bombana kebagian 51 ribu bibit jambu mete nurseri yang bersumber dari APBN yang dibibit langsung di Bombana "

BOMBANA, TELISIK.ID – Meski 3 tahun terakhir penghasilan petani jambu mete menurun, pemerintah kabupaten melalui Dinas Pertanian Bombana tidak putus asa untuk mendorong pertanian masyarakat tetap berlangsung.

Kepala Dinas Pertanian Bombana, Muhammad Siarah menyebutkan, tahun 2022 Bombana kebagian 51 ribu bibit jambu mete nurseri yang bersumber dari APBN yang dibibit langsung di Bombana.

“Kita dapat 51 ribu bibit jambu mete siap tanam yang dibibit langsung di Rarowatu Utara bekerja sama dengan Balai Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Surabaya, menunggu waktu pendistribusian, insyaAllah bulan Oktober ini,” ucapnya.


Untuk menjamin tingkat kesuburan dan kualitas tanamannya, bibit jambu mete yang dikembangbiakkan adalah bibit pilhan dari kebun yang sehat. Saat ini terdapat 90 ribu bibit yang siap disalurkan di daerah Buton.

Baca Juga: Presiden Jokowi Diberi Gelar Kesultanan Buton La Ode Muhammad Joko Widodo Lakina Bawaangi Yi Nusantara

Baca Juga: Pj Bupati Kolaka Utara Pastikan Pembenahan Bendungan Ranteangin Tahun Ini

Kabid Perkebunan Dinas Pertanian, Rimbu saat ditemui di ruang kerjanya menyebut, 51 ribu bibit jamu mete tersebut bakal disalurkan kepada 21 kelompok tani yang tersebar di 9 kecamatan dan 14 desa.

Di antaranya, di Bobamolingku, Desa Gambere, Matabundu, Leboea, Keluarahan Poea, Desa Mambo, Lamonggi, Lengora Pantai, Toli Toli, Pangkuri, Morengke, Lamuru dan Hukaea.

“Secara keseluruhan, lahan tanam bibit jambu mete ini berjumlah 418 hektare yang tersebar di 9 kecamatan, 14 desa oleh 21 kelompok tanam. Kesehatan bibit ini betul-betul diproteksi,” pungkasnya. (B)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga