Buat Kamu yang Ingin Jualan Online di Instagram, Begini Caranya
Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 31 Mei 2020
0 dilihat
Media sosial Instagram dapat menjadi media berbisnis online. Foto: Repro google.com
" Dengan akun bisnis Instagram Anda dapat dengan mudah menjangkau calon konsumen bisnis. Instagram bisnis memiliki beberapa fitur yang tidak dimilik akun Instagram pribadi. Karena pada dasarnya Instagram bisnis dibuat untuk keperluan bisnis. "
KENDARI, TELISIK.ID - Jualan secara online dapat mendatangkan keuntungan besar bagi pelaku usaha. Salah satu yang banyak digunakan adalah media sosial Instagram.
Media sosial yang biasa hanya digunakan untuk curhat dan ajang komunikasi jarak jauh itu juga dapat digunakan sebagai alat untuk mempromosikan bisnis yang sedang dijalankan.
Salah satu media sosial yang populer pada saat ini adalah Instagram. Seperti Facebook, Instagram juga memungkinkan Anda untuk membuka akun bisnis pada layanannya.
Dengan akun bisnis Instagram Anda dapat dengan mudah menjangkau calon konsumen bisnis. Instagram bisnis memiliki beberapa fitur yang tidak dimiliki akun Instagram pribadi. Karena pada dasarnya Instagram bisnis dibuat untuk keperluan bisnis.
Baca juga: Sebelum Ruslan Buton, Khoe Seng Seng Sudah Lebih Dulu Minta Jokowi Mundur
Dilansir dari Liputan6.com, ternyata begini cara membuat akun bisnis di Instagram:
1. Masuk pada aplikasi Instagram Anda. Jika sebelumnya Anda telah memiliki akun Instagram untuk bisnis Anda yang belum di konversikan ke Akun Bisnis, Anda dapat menggunakannya dan mengonversikannya.
Namun jika belum memiliki akun instagram Anda cukup membuat akun baru. Pilih nama pengguna yang secara jelas mewakili bisnis Anda, seperti nama bisnis Anda.
2. Ubah ke profil bisnis. Setelah masuk pada akun instagram Anda, masuk ke bagian profil. Dari profil Anda, ketuk ikon roda gigi di sudut kanan atas dan pilihlah lalu ketuk untuk beralih ke profil bisnis.
Karena Instagram terintegrasi dengan Facebook maka akun bisnis Anda harus memiliki halaman Facebook untuk beralih ke profil bisnis.
Anda bisa terlebih dahulu membuat halaman Facebook di akun Facebook Anda. Namun jika Anda sudah punya halaman Facebook untuk bisnis Anda, Anda hanya perlu menyambungkannya untuk beralih ke Instagram bisnis.
3. Akun Instagram anda telah berhasil terkonversi sebagai Akun Bisnis.
4. Buat Profil Informatif dan Menarik. Tambahkan foto profil, biografi, dan tautan ke situs web Anda.
5. Anda bisa menggunakan hashtag untuk mempromosikan produk anda, cara ini cukup ampuh untuk menjaring para audiens. Selain itu buat konten postingan semenarik mungkin. Bisa dengan mengunggah foto yang instagramable atau unggahan dengan desain menarik. Dengan begitu para audiens akan tertarik mengunjungi akun Anda.
Baca juga: Warganet Viralkan Tagar RakyatButuhNewPresident
Adapun beberapa fitur utama dari instagram bisnis dilansir Liputan6.com dari Oozlemedia, diantaranya adalah
Content Insight
Fitur ini menunjukkan aktivitas dan keterlibatan pada postingan dan story Anda. Di sini Anda dapat melihat postingan dan story Anda diurutkan berdasarkan jangkauan, tayangan, keterlibatan, penyuka, pengikut, komentar, simpan, dan kunjungan profil.
Ini adalah informasi yang berguna bagi Anda untuk mengukur posting mana yang bekerja dengan baik, mencari tahu mengapa, dan menirunya.
Activity Insights
Activity Insights mencakup interaksi dan penemuan. Bagian interaksi ini akan menunjukkan kepada Anda tindakan yang diambil pada profil Anda selama seminggu terakhir. Seperti kunjungan profil dan jumlah klik pada tautan yang Anda cantumkan.
Jumlah klik pada tombol seperti panggilan, email, atau maps juga akan ditampilkan di sini. Bagian Discovery akan menunjukkan kepada Anda berapa banyak akun yang telah dicapai dan jumlah tayangan (berapa kali postingan Anda dilihat, termasuk tampilan berulang dengan akun yang sama) yang diterima profil Anda selama seminggu terakhir.
Baca juga: Tradisi Adat Kawi'a Masyarakat Suku Moronene
Audience Insights
Fitur ini menunjukkan informasi demografis tentang pengikut Anda. Dengan akun bisnis, Anda dapat melihat distribusi usia dan jenis kelamin pengikut Anda, serta lokasi teratas tempat pengguna yang terlibat dengan halaman Anda berasal.
Ada bagian yang menunjukkan waktu rata-rata dan hari dalam seminggu pengikut Anda ada di Instagram pada hari-hari biasa. Insight ini dapat digunakan untuk merencanakan apa dan kapan Anda harus memposting untuk memperoleh jumlah kunjungan terbaik.
Dengan berjualan di Instagram, pelaku usaha juga bisa menjangkau audiens lokal dengan tepat.
Dimana, pelanggan potensial mungkin akan Anda dapatkan di Instagram, jika mereka melihat profil bisnis Anda, mereka akan dengan mudah menghubungi anda. Dengan profil bisnis Anda memiliki kemampuan untuk menambahkan fitur call-to-action (CTA) ke profil bisnis Anda.
Baca juga: Penghasilan Anjlok Gegara COVID-19, Ojek Pangkalan Minta Perhatian Pemerintah
Nantinya, pada profil Anda di antara bio dan postingan, Anda dapat menampilkan tombol panggilan atau call, email, dan alamat tempat bisnis anda. Fitur ini akan membawa pengunjung ke layar panggilan asli pada ponsel mereka dan dapat langsung menghubungi anda, terhubung dengan email, dan pilihan untuk membuka maps yang menunjukkan alamat tempat bisnis Anda.
Kolom pencarian Instagram juga dapat disetel sesuai dengan tempat dimana pengguna berada sehingga pengguna dapat mencari akun bisnis yang lokasinya dekat dengan mereka.
Untuk memanfaatkan ini, Anda dapat menentukan kategori untuk bisnis Anda. Kategori dapat berupa hal-hal seperti: dokter gigi, salon rambut, took baju, took sepatu, restoran, jasa desain, fotografer, dan banyak lagi. Kategori yang Anda atur akan memungkinkan bisnis Anda muncul di pencarian lokal yang relevan.
Reporter: Fitrah Nugraha
Editor: Haerani Hambali