Fasilitas Umum Rusak Usai Dibombardir Israel, Mesir Kutuk Diamnya Dunia Internasional

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 09 November 2023
0 dilihat
Fasilitas Umum Rusak Usai Dibombardir Israel, Mesir Kutuk Diamnya Dunia Internasional
Sebanyak 10.569 warga Palestina telah tewas dalam serangan Israel di Gaza sejak 7 Oktober. Di Israel, jumlah korban tewas pada periode yang sama mencapai lebih dari 1.400 orang. Foto: Aljazeera.com

" Pengeboman yang dilakukan Israel pada Palestina dengan membabi buta, mendapat tanggapan sengit dari belahan dunia, meski banyak mendapatkan kecaman dunia, tak lantas membuat Israel menghentikan serangannya pada warga sipil di Palestina "

GAZA, TELISIK.ID - Pengeboman yang dilakukan Israel pada Palestina dengan membabi buta, mendapat tanggapan sengit dari belahan dunia, meski banyak mendapatkan kecaman dunia, tak lantas membuat Israel menghentikan serangannya pada warga sipil di Palestina.

Negara tetangga Palestina, Mesir bahkan mengutuk diamnya dunia internasional atas pelanggaran hukum yang dilakukan Israel di tengah berlanjutnya serangan di Gaza.

“Apa yang dilakukan pemerintah Israel jauh melebihi hak untuk membela diri,” kata Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry pada konferensi Paris mengenai bantuan kemanusiaan untuk Gaza, sambil mengeluhkan ketidakseimbangan dalam “hati nurani internasional," seperti dikutip dari Aljazeera.com.

Baca Juga: Aktivis Palestina Ahed Tamimi Ditangkap Israel

Delegasi dari lebih dari 80 negara dan organisasi telah berkumpul di Perancis untuk menghadiri konferensi yang akan membahas pemberian bantuan kepada warga sipil dengan proposal untuk koridor maritim kemanusiaan dan rumah sakit lapangan terapung.

Melansir Detik.com, pesawat Airbus A330 dengan nomor penerbangan JT6001 membawa bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk Palestina. Mereka tiba di Bandara El Arish, Mesir pada Senin (6/11/2023).

Bantuan ini menyusul dua pesawat C-130 Hercules A-1237 dan A-1238 yang telah tiba sebelumnya. Wamenlu Pahala Nugraha Mansury yang tiba bersama pesawat Hercules menyambut kedatangan pesawat ketiga ini di Bandara El Arish. Tampak juga Duta Besar Indonesia untuk Mesir Lutfi Rauf.

Baca Juga: Ini Asal Usul Israel, Mengungsi ke Palestina karena Diusir Adolf Hitler di Jerman

Pesawat ketiga itu mengangkut sekitar 26,5 ton logistik bantuan yang melengkapi total 51,5 ton bantuan kemanusiaan tahap pertama dari Indonesia. Bantuan tersebut kemudian diserahkan kepada Bulan Sabit Merah Mesir.

Hingga saat ini, sebanyak 10.569 warga Palestina telah tewas dalam serangan Israel di Gaza sejak 7 Oktober. Di Israel, jumlah korban tewas pada periode yang sama mencapai lebih dari 1.400 orang. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga