BulogMu, Lumbung Pangan Masyarakat di Tengah Kota

Affan Safani Adham, telisik indonesia
Minggu, 09 Agustus 2020
0 dilihat
BulogMu, Lumbung Pangan Masyarakat di Tengah Kota
Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengapresiasi adanya BulogMu. Foto: Ist.

" Hal ini merupakan lumbung pangan bagi masyarakat yang berada di tengah kota. "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto, kunjungi Kota Yogyakarta untuk menemui Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir.

Agenda tersebut sebagai wujud silaturahmi serta membahas solusi strategis dalam menyelesaikan permasalahan umat dan bangsa.

Acara yang berlangsung secara tertutup tersebut bertempat di gedung Grha Suara Muhammadiyah Jl. KH Ahmad Dahlan Yogyakarta, Sabtu (8/8/2020).

Ketika meninjau Badan Usaha Logistik Muhammadiyah (BulogMu),  Airlangga Hartarto memberi apresiasi kepada BulogMu.

"Hal ini merupakan lumbung pangan bagi masyarakat yang berada di tengah kota," katanya di depan Direktur Utama Suara Muhammadiyah, Deni Asy’ari, MA.

BulogMu kini tengah berproses gerakan pendirian 1000 jaringan (Agency) di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya, yang merupakan cikal bakal dan pilot project untuk jaringan BulogMu secara nasional.

BulogMu menyediakan berbagai produk mulai dari beras, minyak, tepung, gula dan sebagainya. BulogMu berikhtiar menyuplai produk berkualitas dan harga bersaing dalam rangka memenuhi kebutuhan pokok masyarakat di masa pandemi COVID-19.

Menko Perekonomian RI juga meninjau dan mengecek satu persatu produk yang dijual melalui BulogMU.  

Baca juga: Deretan Pejabat yang Positif COVID-19, Menhub hingga Bupati Buton

Menko Perekonomian, Airlangga mendorong agar BulogMu dikelola secara lebih luas.

"Saya melihat, ini sudah seperti Bulog Nasional yang berada di pusat kota, jadi kalau bisa jangan hanya di Yogyakarta, namun juga diperluas secara nasional. Karena BulogMU ini, lumbung pangan yang sangat strategis," ungkapnya.

BulogMU terus melakukan ekspansi ke berbagai wilayah. Manajer BulogMU, Yulianto Prasojo mengatakan, akan mempercepat proses pengembangan keagenan di Yogyakarta.

"Sehingga setelah proses di Yogyakarta selesai, maka akan dilakukan pembukaan bulogMU di masing-masing propinsi," ungkapnya.

BulogMU sebagai usaha resmi persyarikatan Muhammadiyah berbasis jamaah yang ingin membangun kemandirian ekonomi umat melalui usaha dan pengelolaan pangan. Diharapkan usaha ini terus mendapat dukungan dari berbagai lapisan masyarakat.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, mengapresiasi adanya lini bisnis BulogMU di tengah pandemi COVID-19 sekarang ini.

"Ini gerakan ekonomi yang bagus, sangat strategis dan praktis, bisa dimanfaatkan warga persyarikatan Muhammadiyah," tutur Haedar Nashir, Minggu (9/8/2020).

Reporter: Affan Safani Adham

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga