Bupati dan Wabup Konsel Salat Id di Lapangan Upacara Kantor Bupati

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Kamis, 13 Mei 2021
0 dilihat
Bupati dan Wabup Konsel Salat Id di Lapangan Upacara Kantor Bupati
Suasana salat Idul Fitri di lapangan upacara Kantor Bupati Konsel. Foto: Hamka/Telisik

" Semoga wabah segera berlalu. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Bupati dan Wakil Bupati Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga dan Rasyid, melaksanakan salat Idul Fitri 1442 Hijriah di lapangan upacara Kantor Bupati Konsel.

"Patut kita semua bersyukur atas nikmat Allah SWT yang diberikan kepada kita hari ini, karena masih bisa menjalankan ibadah lebaran dalam suasana pandemi," kata Surunuddin Dangga, Kamis (13/5/2021).

Di kesempatan itu juga, Surunuddin Dangga mengimbau jemaah salat Idul Fitri untuk menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

"Semoga wabah segera berlalu," sambungnya.

Ia menambahkan, hari raya Idul Fitri sejatinya momentum untuk menyempurnakan hubungan vertikal dengan Allah dan secara horizontal membangun hubungan sosial yang baik dengan sesama.

Di hari kemenangan ini, ia mewakili Pemerintah Daerah (Pemda) menyampaikan selamat hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah kepada masyarakat.

Baca juga: Rana Tonjong NTT, Danau Terunik Kedua di Dunia yang Butuh Tambahan Fasilitas

Baca juga: Gubernur Jatim Keluarkan SE Tata Cara Salat Idul Fitri Saat Pandemi

Sementara itu, khatib salat Idul Fitri, Kepala Kemenag Konsel, H. Joko, M.Pd mengajak masyarakat agar mewujudkan syukur dan menciptakan kerukunan  dengan bergandengan tangan, bahu membahu dalam mewujudkan Konsel yang damai di tengah keberagaman ras, agama, suku dan budaya.

Di tengah era informasi, dalam bermedia sosial agar menghindari ujaran kebencian, fitnah, ghibah, naminah dan  mengkonsumsi informasi hoax dengan menyikapi setiap berita melalui tabayyun atau mengklarifikasinya terlebih dahulu sebelum disebar.

"Ini juga sesuai fatwa MUI No 24 Tahun 2017 tentang hukum dan pedoman bermuamalah melalui media sosial diharamkan umat Islam membicarakan keburukan atau aib orang lain dan penyebaran permusuhan dengan menyaring setiap informasi yang mengalir di medsos," ujarnya.

Pantangan dalam menggunakan digital adalah tidak menggunakannya untuk bertindak kejahatan dengan lisan maupun jari tangan.

"Ingatlah dan senantiasa berhati-hatilah, karena jejak digital akan selalu ditinggalkan di dunia maya dan bisa dikembalikan dimana dan kapan saja, berbekal inilah mari kuatkan kehidupan dengan menjaga persaudaraan dimulai pada lingkup keluarga, tetangga, lingkungan hingga bernegara," tandasnya.

Salat Idul Fitri 1442 Hijriah digelar dengan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat. Dimana, seluruh jemaah sebelum masuk di area salat dilakukan pengukuran suhu tubuh serta diwajibkan memakai masker dan mencuci tangan yang telah disediakan panitia. (B)

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga