Bupati Kolaka Timur Sosialisasi Layanan KB dan Resmikan Kelompok BKB HIU

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 17 Oktober 2023
0 dilihat
Bupati Kolaka Timur Sosialisasi Layanan KB dan Resmikan Kelompok BKB HIU
Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis resmikan layanan BKB HIU dan sosialisasikan layana KB. Foto: Ist.

" Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis sosialisasikan dan resmikan layanan bina keluarga balita holistik integratif unggulan (BKB HIU) "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis sosialisasikan dan resmikan layanan bina keluarga balita holistik integratif unggulan (BKB HIU), di Kantor Desa Keisio, Kecamatan Lalolae Selasa (17/10/2023).

Kegiatan itu juga dirangkaikan dengan launching dapur sehat atasi stunting (Dashat) Kabupaten Kolaka Timur, sebagai wujud dalam penurunan angka stunting.

Bupati menjelaskan, BKB HIU merupakan strategi pembangunan manusia sejak 1.000 hari pertama kehidupan (HPK), dalam rangka mewujudkan generasi emas bangsa Indonesia sebagai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga: Sukseskan Pemilu 2024 Polres Kolaka Timur Siapkan 216 Personel

Lanjut Azis, kebutuhan dasar anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan asah, asih dan asuh, bagi optimalisasi seluruh aspek perkembangan anak sejak dalam kandungan.

1.000 HPK kata bupati, merupakan periode kritis bagi perkembangan otak anak. Sehingga, optimalisasi dengan pemenuhan kebutuhan esensial anak dengan pemberian stimulasi, asupan gizi yang baik dan seimbang, pemeliharaan Kesehatan.

"Serta pengasuhan sesuai tahapan usia anak, akan mendukung tumbuh kembang anak sesuai tahapan usianya sejak dalam kandungan," jelasnya.

Azis menambahkan, saat ini Pemerintah Pusat sedang melaksanakan program percepatan penurunan stunting. Sehingga, hal ini menjadi momentum bagi Pemda Kolaka Timur untuk berkomitmen mendukung percepatan penurunan stunting melalui BKB HIU ini.

“Saya himbau seluruh kepala kepada desa dan lurah, dapat mendukung penyelenggaraan kegiatan kelas pengasuhan bagi keluarga dengan ibu hamil dan anak usia 0-23 bulan atau Baduta ini, yang dilakukan oleh kader BKB, yang akan memberikan kontribusi dalam penurunan angka stunting sebesar 14 persen tahun 2024," pintanya.

Azis berharap, semua pihak berkomitmen bersama dalam pencegahan stunting yang terintegrasi, untuk menjawab tuntutan serta harapan masyarakat akan peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Peringati Hari Pangan Sedunia, Bupati Kolaka Timur: Pemenuhan Kebutuhan Pangan Masyarakat

Sementara itu, Kepala BKKBN Kabupaten Kolaka Timur, Badwi mengatakan, kader BKB merupakan salah satu komponen yang memiliki peran aktif bersama orang tua dalam memberikan optimalisasi tumbuh kembang sejak 1.000 HPK, melalui kegiatan pengasuhan yang berkesinambungan.

"Nantinya kader BKN akan melaksanakan kegiatan kelas pengasuhan bagi keluarga dengan ibu hamil dan anak usia 0-23 bulan atau Baduta," jelasnya.

Hadir Sekda Kolaka Timur Andi Muh Iqbal Tongasa, Ketua TP PKK Kolaka Timur Hartini Azis AMa, pimpinan OPD dan ratusan masyarakat sekitar. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga