Bupati Kolut Umrohkan Dua Petani Kakao

Muh. Risal H, telisik indonesia
Sabtu, 22 Februari 2020
0 dilihat
Bupati Kolut Umrohkan Dua Petani Kakao
Bupati Kolaka Utara, Nur Rahman Umar saat menyerahkan hadiah paket umrah kepada petani. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Kebetulan kemarin itu momen ulang tahun Kolut ke-16, jadi Disbunak berinisiatif melaksanakan lomba yang sifatnya stimulan bagi petani kakao. Hadiahnya pun awalnya cuma alakadarnya saja. Tapi setelah berdiskusi dengan Bapak Bupati, beliau sangat merespon kegiatan tersebut dan bersedia memberikan hadiah umroh bagi petani yang berhasil meraih juara satu untuk dua kategori lomba tersebut. "

 KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Bupati Kolaka Utara, H. Nur Rahman Umar, memberikan hadiah umrah gratis kepada dua petani kakao. Kedua petani yang beruntung itu adalah Azis, warga Desa Korooha, Kecamatan Kodeoha dan Suherman, warga Desa Latowu, Kecamatan Batu Putih.

Hadiah umrah gratis diberikan sebagai apresiasi atas etos kerja dua petani tersebut dalam mengolah kebun kakaonya. Keduanya menjadi pemenang dalam lomba revitalisasi kebun kakao tahun 2020, kategori kebun kakao berproduksi tinggi dan kategori kebun kakao sehat yang dilaksanakan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolut.

Azis menjadi pemenang untuk kategori kebun sehat yang diperuntukkan bagi tanaman usia 5 bulan sampai 2 tahun, sedangkan Suherman menjadi juara di kategori  kakao berproduksi tinggi dengan usia tanam 3 sampai 10 tahun.

Baca Juga : DAK Jalan Rp 26 M, Baru Poros Tampo yang Dilelang

Kegiatan yang dilaksanakan dua bulan lalu ini diikuti oleh 15 orang petani dari 14 kecamatan se-Kolut. Untuk memudahkan penilaian, panitia lomba membagi 14 kecamatan menjadi tiga zona atau wilayah yang setiap zona dinilai oleh orang-orang berkompeten di bidang kakao.

Salah satunya, Nur Laha, S.Pt. M.Si, Kasubag Pembenihan Disbuk, Jamal Julidi dari PT Mars Indonesia dan Taufiq Haddi, Ketua ACD Kolut, menjadi juri zona 1 yang meliputi Kecamatan Wawo sampai Katoi. 

Rahmadi, SP, staf Dinas Pariwisata, Ismail Muhammadong, SP, APPKA Kolut, dan Harjono, Leader PT Coktiva Kolut, juri untuk zona 2 yang meliputi Kecamatan Kodeoha sampai Pakue. Sementara zona 3, Kecamatan Pakue Tengah sampai Porehu dinilai oleh Iqbal Nawawie, SP, pemerhati kakao Kolut, Muh. Kaisar Prakarsa, SP, Penyuluh, dan Emil Salim, SP Koordinator FDP Kolut.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolut, Ismal Mustafa, melalui Kasubag Perencanaan Disbunak, Arham, SP, mengungkapkan, program revitalisasi kakao merupakan program unggulan Pemkab Kolut.
Sehingga instansinya berinisiatif melakukan sesuatu yang walaupun itu skopnya kecil tapi dapat berdampak positif bagi petani.

"Kebetulan kemarin itu momen ulang tahun Kolut ke-16, jadi Disbunak berinisiatif melaksanakan lomba yang sifatnya stimulan bagi petani kakao. Hadiahnya pun awalnya cuma alakadarnya saja. Tapi setelah berdiskusi dengan Bapak Bupati, beliau sangat merespon kegiatan tersebut dan bersedia memberikan hadiah umroh bagi petani yang berhasil meraih juara satu untuk dua kategori lomba tersebut," kata Arham, Jumat (21/2/2020)

Baca Juga : Hadirnya Gapoktan AAS, Petani Miskin Bombana Berpeluang Dapat Bantuan

Menurut Arham, petani yang ikut dalam lomba tahun ini tidak hanya petani yang masuk dalam kelompok program revitalisasi dengan bantuan pemerintah, tapi juga petani yang mengelola kakaonya secara swadaya.

"Sebenarnya kami ingin mengakomodir semua petani yang ada di Kolut hanya saja keterbatasan waktu dan tenaga sehingga itu tidak memungkinkan," jelasnya.  

Kata Arham, bupati berharap semoga melalui kegiatan seperti ini bisa meningkatkan semangat petani untuk lebih giat lagi mengembangkan dan merawat kakao milik mereka. 

"Kan hasilnya mereka sendiri yang menikmati," terangnya.

Baca Juga : 590 CASN Busel Gugur Passing Grade

Reporter: Muh. Risal
Editor: Rani

Baca Juga