Bupati Konawe Selatan Pesan Inventaris Aset Desa, DPMD Siap Bimtek

Ashar Hamka, telisik indonesia
Senin, 04 Juli 2022
0 dilihat
Bupati Konawe Selatan Pesan Inventaris Aset Desa, DPMD Siap Bimtek
Para kepala desa terpilih tahun 2022 ini sudah harus gerak cepat dalam bekerja, mengingat sudah memasuki pertengahan tahun. Percepatan pembangunan untuk kemajuan masyarakat desa berada di pundak mereka. Foto: Ist

" Euforia atas kemenangan atau pasca pelantikan 86 kepala desa terpilih di Kabupaten Konawe Selatan sudah harus dilupakan "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Euforia atas kemenangan atau pasca pelantikan 86 kepala desa terpilih di Kabupaten Konawe Selatan sudah harus dilupakan. Bekerja sudah mulai dilakukan.

Sebagai langkah awal, Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga menyarankan bagi para kepala desa pilihan masyarakat desa tersebut agar menginventarisasi aset-asetnya yang ada di desa.

Mengingat fasilitas desa yang diadakan atau dianggarkan mengunakan alokasi Dana Desa (DD). Bupati dua periode ini bahkan menegaskan jikalau nanti ditemukan ketidak sesuaian aset tersebut, tidak menutup kemungkinan dirinya akan memberikan sanksi kepada oknum yang menyalahgunakannya. Olehnya itu, lanjut Surunuddin, dia akan memerintahkan camat untuk memfasilitasi kepala desa terpilih dalam melakukan serahterima jabatan (Sertijab).

Baca Juga: Bupati Kolaka Utara: Pendapatan Daerah Tahun 2021 Lampaui Target

"Supaya ada batasan mengenai aset desa. Tentunya kalau ada pelanggaran saya akan perintahkan instansi berwenang untuk memeriksa. Mengingat kita sudah MoU dengan pihak aparatus penegak hukum kejaksaan," tegas Surunuddin.

Sementara itu, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Annas Mas’ud menyebutkan perihal serah terima jabatan dan aset tersebut merupakan standar dalam pemerintahan dari kepala desa yang lama dan ke yang baru.

“Selain menyerahkan daftar aset, juga termasuk pekerjaan yang belum diselesaikan untuk menjadi bahan kades selanjutnya," ujar Annas.

Baca Juga: Disperindagkop Konawe Harap ke Depan Pasar Murah Dapat Digelar di Tiga Tempat Berbeda

Mantan Kadis Kominfo Konawe Selatan itu, mengungkapkan di bulan juli ini, pihaknya bakal menjadwalkan bimbingan teknis atau pembekalan bagi para kepala desa terpilih. Di mana dijadwalkan Bupati Konawe Selatan dan unsur Forkopimda akan menjadi pemateri.

“Jika taka ada aral dalam waktu dekat ini, kami juga akan memberikan pembekalan teknis pengelolaan pemerintahan desa dan kerjasama antar lembaga desa dan lembaga masyarakat desa," tuturnya. (B)

Penulis: Ashar Hamka

Editor: Musdar

Baca Juga