Bupati Kolaka Utara: Pendapatan Daerah Tahun 2021 Lampaui Target

Muh. Risal H, telisik indonesia
Senin, 04 Juli 2022
0 dilihat
Bupati Kolaka Utara: Pendapatan Daerah Tahun 2021 Lampaui Target
Serah terima Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 dari Bupati Kolaka Utara ke Ketua DPRD Kolaka Utara untuk dibahas ditingkat selanjutnya. Foto: Muh. Risal H/Telisik

" Pendapatan Daerah Kabupaten Kolaka Utaratahun 2021 lalu melampaui target yang telah ditetapkan "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Pendapatan Daerah Kabupaten Kolaka Utaratahun 2021 lalu melampaui target yang telah ditetapkan.

Hal itu disampaikan Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH saat rapat paripurna DPRD Kolaka Utara dalam rangka Penyerahan Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran (TA) 2021.

Menurut bupati, ikhtisar realisasi APBD tahun anggaran 2021 yang disampaikan secara umum, sesuai dengan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atau audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Terkait realisasi APBD tahun 2021, secara umum saya sampaikan bahwa dari sisi pendapatan daerah kita dapat melampaui target sebesar 104,73 persen atau Rp 976,34 miliar dari target Rp 932,28 miliar," terang bupati.

Kemudian dari sisi belanja, lanjutnya, pemkab mampu merealisasikan sebesar 98,09 persen atau Rp 941,88 miliar dari target Rp 960,23 miliar.

Baca Juga: Bupati Muna Tekankan OPD Proses Cepat Proyek PEN Sesuai Aturan

"Kondisi realisasi belanja daerah kita ini secara nasional sangat diapresiasi pemerintah sebagai daerah dengan serapan anggaran tertinggi di tahun 2021," jelasnya.

Kemudian dari sisi pembiayaan, kata Nur Rahman, pemkab dapat memperoleh pembiayaan netto sebesar Rp 17,48 miliar sebagai selisih lebih dari total realisasi penerimaan pembiayaan sebesar Rp 65,94 miliar dengan total realisasi pengeluaran pembiayaan sebesar Rp 48,46 miliar.

"Tentu penyampaian ini tidak berhenti sampai di sini, kita masih akan melanjutkan pembahasan pada tingkat komisi atau Banggar DPRD sehingga secara rinci nanti di sana akan terurai aspek-aspek apa saja yang menjadi perhatian kita bersama untuk dibenahi ataupun ditingkatkan," ujar Bupati.

Baca Juga: Disperindagkop Konawe Harap ke Depan Pasar Murah Dapat Digelar di Tiga Tempat Berbeda

Pasangan H. Abbas, SE ini, juga memberikan apresiasi kepada pihak-pihak terkait atas keberhasilan Pemkab Kolaka Utara meraih penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang kedelapan kalinya untuk Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Kolaka Utara TA 2021.

"Pencapaian ini merupakan buah dari kerja keras kita semua selama ini, tentunya ini mesti kita pertahankan dan tingkatkan di tahun-tahun mendatang," pungkasnya. (C-Info)

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Musdar

Baca Juga