Cantik dan Kaya, Fitri Nengsih Disebut Istri Siri Bupati Meranti Bertugas Kumpul Uang Korupsi

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 09 April 2023
0 dilihat
Cantik dan Kaya, Fitri Nengsih Disebut Istri Siri Bupati Meranti Bertugas Kumpul Uang Korupsi
Sosok Fitria Nengsih, tersangka kasus suap yang melibatkan Bupati Meranti, Muhammad Adil menjadi sorotan. Bahkan Fitria disebut sebagai istri sirih Adil. Foto: Indeksnews

" Sosok Fitria Nengsih, tersangka kasus suap yang melibatkan Bupati Meranti, Muhammad Adil menjadi sorotan. Bahkan Fitria disebut sebagai istri sirih Adil "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sosok Fitria Nengsih, tersangka kasus suap yang melibatkan Bupati Meranti, Muhammad Adil menjadi sorotan. Bahkan Fitria disebut sebagai istri sirih Adil.

Dalam kronologi yang disampaikan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, Fitria memiliki peran yang sangat krusial dari tiga kasus yang menjerat Bupati Meranti Muhammad Adil.

Misalnya, dalam kasus pemotongan anggaran yang bersumber dari Uang Persediaan (UP) dan Ganti Uang Persediaan (GU), APBD Kabupaten Meranti sebesar 5 sampai 10 persen, Fitria Nengsih bertugas sebagai pengepul.

Baca Juga: KPI Temukan 16 Program TV Langgar Aturan Siaran Ramadan

Selanjutnya, kasus fee proyek pemberangkatan umroh para Takmir Masjid di Kabupaten Meranti, Fitria Nengsih juga berperan ganda.

Melansir Indeksnews.com, Fitria Nengsih yang menghimpun dana umroh yang semestinya gratis, justru malah ditagihkan ke pemerintah, dari program 5 plus 1 (gratis). Dalam kasus ini, Fitria Nengsih juga yang menjabat sebagai Kepala Cabang PT TM (Tanur Muthmainnah).

Selanjutnya dalam kasus dugaan suap kepada BPK Perwakilan Riau, Fitria Nengsih juga bertugas mengkondisikan untuk mendapatkan predikat WTP, dan memberikan uang kepada M Fahmi Aressa FH, Ketua Tim Pemeriksa BPK untuk laporan keuangan Kabupaten Meranti.

Belakangan diketahui Fitria Nengsih adalah Kepala BPKAD yang belum satu tahun menjabat sebagai Pejabat Eselon II di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti.

Melansir Kilat.com, dalam LHKPN, total harta kekayaan Fitria Nengsih dikurangi Rp293.025.407. Jumlah tersebut didapat akibat adanya hutang senilai Rp603.025.407.

Baca Juga: Disebut Menterinya Pengusaha, Harta Ida Fauziyah Fantastis Bikin Geleng Kepala

Harta kekayaan tersebut didapat Fitria dari tanah dan bangunan senilai Rp325.000.000. Ia juga memiliki kendaraan vario tahun 2018 senilai Rp12 juta.

Dari sejumlah harta kekayaan yang dimilikinya, maka total harta kekayaan Fitria Nengsih mencapai Rp337 juta.

Namun jumlah harta kekayaan tersebut tak sebanding dengan hutangnya yang dua kali lipat dari kepemilikan hartanya. Dari LHKPN 2021, tercatat jika harta kekayaannya minus Rp293.025.407. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga