Cara Atur Dana Bukber agar Dompet Tidak Kempes Saat Ramadan

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 06 April 2023
0 dilihat
Cara Atur Dana Bukber agar Dompet Tidak Kempes Saat Ramadan
Bulan Ramadan biasanya banyak diadakan bukber atau buka bersama. Undangan bukber yang berdatangan tak jarang membuat kantong jadi menipis karena pengeluaran yang membengkak. Foto: Repro Indozone.id

" Perlu menyiapkan dana khusus buka puasa bersama, sebaiknya beberapa waktu sebelum bulan puasa "

KENDARI, TELISIK.ID - Bulan Ramadan biasanya banyak dibuat acara bukber atau buka bersama dengan teman-teman dan kerabat. Tidak jarang saking banyaknya acara bukber, membuat dompet Anda semakin menipis karena harus mengeluarkan biaya untuk makan di luar yang relatif lebih mahal dibanding masak di rumah.

Dilansir dari Liputan6.com, Faculty Head of Sequis Training Academy of Excellence Samuji menilai seseorang perlu menyiapkan dana khusus buka puasa bersama, sebaiknya beberapa waktu sebelum bulan puasa.

"Sebaiknya sejak awal tetapkan berapa kali Anda akan mengikuti acara buka bersama, misalnya seminggu sekali saja," kata Samuji dikutip dari Antara, Rabu (29/3/2023).

Dana untuk bukber bisa disiapkan sejak satu-dua bulan sebelum Ramadan. Menurut Samuji, menyiapkan anggaran khusus bukber membantu pengeluaran tetap terjaga sekaligus menekan biaya tidak terduga selama bulan puasa.

Selain bukber, pengeluaran lain yang perlu dicermati selama bulan Ramadan antara lain adalah zakat fitrah, berbagi takjil, baju Lebaran, bingkisan Lebaran dan biaya mudik. Pengeluaran seperti itu membuat struktur anggaran selama Ramadan berbeda dengan bulan-bulan lainnya.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Atasi Ngantuk Saat Berpuasa

Samuji menyarankan seseorang untuk memisahkan kebutuhan bulan Ramadan dari anggaran rutin serta memerinci apa saja kebutuhan itu, mana yang wajib, mana yang bisa ditunda serta apa ada kemungkinan biaya itu dibagi dengan anggota keluarga lain atau teman.

Contohnya, untuk biaya konsumsi selama Ramadan, seseorang bisa membuat daftar kebutuhan untuk sebulan. Sementara untuk berbagi takjil atau bingkisan Lebaran, bisa dipertimbangkan untuk berbagi biaya dengan keluarga atau teman.

Dikutip dari Idxchanel.com, berikut contoh mengatur bujet bukber saar Ramadan.

Misal asumsi gaji kamu Rp 6,5 juta. Kita perlu memperhitungkan keperluan lain-lain, seperti asumsi jumlah pengeluaran berikut ini:

Baca Juga: 5 Cara Tetap Sehat Berpuasa Saat Mudik Lebaran

- Tempat tinggal: Rp 1,3 juta

- Kebutuhan makan dan minum: Rp 1,5 juta

- Transportasi: Rp 500 ribu

- Kebutuhan rumah: Rp 200 ribu

- Bayar listrik: Rp 200 ribu

- Kuota internet: Rp 150 ribu

- Dana darurat: Rp 1 juta

- Investasi: Rp 1 juta.

Dari pengeluaran tersebut, kamu bisa membuat bujet bukber sebesar Rp 650 ribu. Anggaran ini bisa diambil dari bujet hangout dan makan. Pastikan realisasinya nanti tidak melebihi bujet tersebut. Apabila bujet sudah habis, maka tahan untuk ikut bukber lagi.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan, sebaiknya pilah pilih acara bukber yang kamu akan datangi dalam satu bulan. Prioritaskan yang terpenting, seperti dengan keluarga dan teman dekat. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga