3 Cara Mudah Atasi Ngantuk Saat Berpuasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 01 April 2023
0 dilihat
3 Cara Mudah Atasi Ngantuk Saat Berpuasa
Penting untuk mengetahui cara mengatasi suka mengantuk saat puasa agar kita bisa tetap produktif. Foto: Ayobandung

" Saat berpuasa hal yang sering dialami seseorang adalah mudah merasa mengantuk. Jika kondisi ini dibiarkan, kita akan tidak produk "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat berpuasa hal yang sering dialami seseorang adalah mudah merasa mengantuk. Jika kondisi ini dibiarkan, kita akan tidak produk

Pada umumnya, dikutip dari sehatq.com, penyebab mengantuk saat puasa umumnya karena kadar gula darah yang menurun akibat tidak ada asupan makanan dalam waktu lama.

Sejumlah orang yang biasa mengonsumsi kopi atau teh juga merasakan hilangnya konsumsi kafein di siang hari, namun saat berpuasa kita sama sekali tidak minum.

Olehnya itu penting untuk mengetahui cara mengatasi suka mengantuk saat puasa agar kita bisa tetap produktif.

Baca Juga: Ini Tips Hindari Penipuan Travel UmrahIni Tips Hindari Penipuan Travel Umrah

Melansir yoursay.id dari berbagai sumber, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa kantuk saat berpuasa:

1. Cukup Olahraga dan Sering-sering Melakukan Peregangan Tubuh

Salah satu cara untuk menanggulangi rasa kantuk saat beraktivitas ketika berpuasa adalah dengan sering-sering melakukan olahraga atau peregangan tubuh.

Berolahraga ketika sedang berpuasa juga dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang sehingga dapat menjaganya dari rasa kantuk yang dapat menyerang.

Usahakan seminggu kamu berolahraga sekitar 2-3 kali dengan durasi 30 menit hingga 1 jam apabila memungkinkan.

Selain itu, ketika melakukan aktivitas harian saat berpuasa usahakan kamu meluangkan waktu sekitar 3-5 menit untuk melakukan peregangan tubuh.

Cara ini dapat mengembalikan postur tubuh yang lelah dan juga dapat mengurangi rasa kantuk yang menyerang ketika sedang melakukan aktivitas harian.

2. Istirahat dan Tidur Cukup Saat Malam

Beberapa orang saat bulan puasa mungkin akan mengalami berubahnya jam tidur karena beragam faktor.

Umumnya kita saat malam akan merasa mengantuk, akan tetapi saat berpuasa justru dalam jam-jam tidur masih merasa segar. Hal utama yang mempengaruhi hal ini umumnya dikarenakan pola metabolisme tubuh mengalami penyesuaian. Akibatnya saat pagi hingga siang kita cenderung merasa mengantuk, berbeda sewaktu malam yang justru tubuh kita seakan-akan merasa segar.

Hal tersebut tentunya kurang begitu baik bagi kondisi tubuh apabila dilakukan dalam jangka lama. Usahakan kamu tetap mendapat waktu istirahat dan tidur yang cukup meski sedang berpuasa.

 

Melansir dari situs Halodoc, idealnya kamu dapat mulai beristirahat setelah 2-3 jam setelah berbuka puasa. Tentunya dengan waktu tidur dan istirahat yang cukup dapat membuatmu merasa tetap bugar dan segar saat menjalankan aktivitas di bulan ramada

3. Sahur Dengan Makanan Bernutrisi dan Minum Air yang Cukup

Salah satu kiat yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi rasa kantuk saat berpuasa adalah jangan pernah meninggalkan santap sahur atau melakukan santap sahur dengan makanan kaya nutrisi.

Usahakan ketika sahur kamu mengkonsumsi makanan kaya nutrisi seperti serat, protein dan karbohidrat secukupya. Kamu juga dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula, akan tetapi jangan terlalu banyak karena akan rawan menyebabkan dehidrasi dan rasa lapar.

Baca Juga: 5 Tips Puasa Aman Bagi Ibu Hamil

Kamu juga dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih yang cukup guna memaksimalkan fungsi metabolisme tubuh.

Sahur dengan makanan bernutrisi tentunya dapat memaksimalkan jumlah kadar gula darah dalam tubuh sehingga mengurangi rasa kantuk seseorang saat berpuasa.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Telisikers lakukan untuk mengurangi rasa kantuk saat berpuasa. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardinb

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga