Cara Basmi Kutu Tanaman dengan Bahan Alami

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 28 Juli 2023
0 dilihat
Cara Basmi Kutu Tanaman dengan Bahan Alami
Kutu daun adalah salah satu hama yang sering menyerang tanaman. Selain mengganggu pertumbuhan tanaman, kutu daun juga bisa bereproduksi dalam waktu singkat. Foto: Suaramerdeka.com

" Kutu daun adalah salah satu hama yang sering menyerang tanaman. Selain mengganggu pertumbuhan tanaman, kutu daun juga bisa bereproduksi dalam waktu singkat "

KENDARI, TELISIK.ID - Kutu daun adalah salah satu hama yang sering menyerang tanaman. Selain mengganggu pertumbuhan tanaman, kutu daun juga bisa bereproduksi dalam waktu singkat.

Kutu daun adalah serangga kecil bertubuh lunak yang memakan getah berbagai tumbuhan, kutu daun mendatangkan masalah bagi tanaman dan halaman rumah karena perilaku makan mereka.

Mengutip Kompas.com, kutu daun melemahkan tanaman, menyebabkan pertumbuhan terhambat, daun terdistorsi, dan hasil panen berkurang. Selain itu, saat memakan getah tanaman, kutu daun mengeluarkan zat lengket dan manis yang disebut melon, yang menarik semut dan mendorong pertumbuhan jamur jelaga hitam, yang selanjutnya merusak tanaman.

Selain itu, kutu daun adalah penyebar penyakit tanaman. Kutu daun dapat menyebarkan berbagai virus dan bakteri dari satu tanaman ke tanaman lain saat berpindah dari tempat makan ke tempat makan, berpotensi menyebabkan kerusakan luas pada seluruh halaman rumah.

Baca Juga: Jangan Tertipu, Begini Cara Bedakan Emas Asli dan Palsu Secara Manual

Sangat penting untuk mengambil tindakan pencegahan terhadap kutu daun dan segera memulai perawatan. Pertimbangkan untuk menggunakan tepung dari dapur untuk mengganggu siklus hidup kutu daun dan mencegahnya berkembang biak.

Berikut cara membasmi kutu daun seperri dilansir dari Orami.co.id:

1. Semprotkan dengan air

Kutu daun selalu bersembunyi di bawah tanaman atau di bagian bawah daun. Jadi, langkah pertama untuk membasminya adalah menyemprot dengan air. Cara ini memang tidak dapat menghilangkan kutu daun sepenuhnya, tetapi ini bisa menjadi langkah preventif agar tanaman tidak mati. Pastikan menyemprot daun dengan air bertekanan cepat pada daun dan bagian bawahnya.

2. Gunakan tepung

Menggunakan tepung untuk membasmi kutu daun adalah metode populer dan alami yang efektif. Prosesnya melibatkan penggunaan tepung terigu untuk menciptakan penghalang fisik yang mengganggu kemampuan kutu daun untuk makan dan bernapas, yang pada akhirnya mengarah pada pemusnahannya.

Baca Juga: Ini Tips Miliki Rumah di Usia 20-an

3. Gunakan cuka

Campurkan 1 sendok makan cuka, 1 sendok makan sabun cair, 1 sendok makan minyak sayur, 1,5 sendok makan soda kue, dan 1 galon air. Campur bahan dengan air dan tuangkan campuran ke dalam botol semprot. Semprotkan pada tanaman, beri perhatian ekstra pada daun dan bagian bawahnya.

4. Larutan cabai rawit

Campurkan 3 buah cabai rawit dan 1 liter air. Potong cabai dengan halus dan campur dengan air dan biarkan semalaman. Kemudian, saring campuran dan tuangkan ke dalam botol semprot. Semprotkan pada daun yang terkena kutu daun. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga