Ini Tips Miliki Rumah di Usia 20-an

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 23 Juli 2023
0 dilihat
Ini Tips Miliki Rumah di Usia 20-an
Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti jika ingin membeli rumah di usia muda. Foto: Nusadaily.com

" Rumah dianggap sebagai aset investasi karena harganya yang selalu naik. Sayangnya, generasi milenial dianggap kesulitan dalam membeli hunian pertama mereka, baik itu apartemen maupun rumah tapak "

KENDARI, TELISIK.ID - Mampu memiliki rumah pribadi adalah impian banyak generasi muda. Namun, harga tanah dan bangunan yang kian melambung tiap tahunnya menjadi hambatan tersendiri.

Rumah dianggap sebagai aset investasi karena harganya yang selalu naik. Sayangnya, generasi milenial dianggap kesulitan dalam membeli hunian pertama mereka, baik itu apartemen maupun rumah tapak.

Biaya hidup yang besar tidak seimbang dengan penghasilan yang didapatkan membuat milenial merasa membeli rumah adalah hal yang sulit. Terlebih kenaikan harga rumah lebih cepat dibandingkan dengan peningkatan gaji.

Berikut tips miliki rumah di usia 20-an seperti dikutip dari Kompas.com dan sikapiuangmu.ojk.go.id:

Baca Juga: Coba Seks Tantra, Metode Baru Bikin Pasutri Makin Lengket

1. Tentukan budget rumah yang Iingin dibeli

Hal pertama kali yang bisa Sobat Sikapi lakukan yaitu menentukan harga rumah yang kalian inginkan. Tentukan target yang masuk akal dan sesuai dengan penghasilan kalian saat ini dan kemungkinan peningkatan penghasilan beberapa tahun ke depan.

Kalian bisa survei lokasi yang kira-kira masuk ke budget tersebut. Agar meringankan, coba cari lokasi yang menawarkan harga rumah terjangkau. 

2. Menabung uang muka dengan disiplin dan cerdas

Kesulitan utama milenial dalam membeli rumah adalah tidak memiliki dana untuk membayar uang muka yang merupakan prasyarat KPR. Karena itu, mau tidak mau, uang muka harus dikumpulkan jika ingin punya rumah. Bagaimana cara mengumpulkan DP?

Langkah paling awal adalah menabung dari penghasilan. Namun, tidak sedikit yang tidak bisa mengelola keuangannya dengan baik, sehingga sulit mengumpulkan uang muka. Cara paling efektif adalah dengan menetapkan jumlah tabungan yang akan Sobat Sikapi simpan setiap bulannya, minimal sebesar 30 persen dari penghasilan bulanan.

Pisahkan uang tersebut pada rekening khusus dan selalu utamakan menabung setiap kali gaji baru diterima. Jangan menunda menabung sampai akhir bulan, namun saat gaji diterima, langsung disisihkan untuk uang muka.

3. Catat pengeluaran

Komedian, Raditya dika juga membagikan tios sederhana membeli rumah salah satunya dengan mencatat pengeluaran, kita bisa mengetahui kebiasaan konsumtif apa yang bisa diubah.

Executive Director Summarecon Serpong, Magdalena Juliati mengatakan, properti adalah salah satu investasi yang akan terus berkembang dan diminati, namun masyarakat harus semakin bijak dalam memilih properti.

Baca Juga: Ini Tips Agar Lantai Tak Amis Setelah Dipel

4. Mencari penghasilan tambahan

Mencari pekerjaan sampingan adalah salah satu solusi yang bisa Sobat Sikapi lakukan jika pekerjaan utama kalian memberikan penghasilan yang pas-pasan. Sulit bagi kalian untuk mengumpulkan uang muka rumah jika hanya mengandalkan gaji utama yang jumlahnya habis untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Cari sebuah pekerjaan sampingan yang dapat kalian lakukan tanpa menggangu pekerjaan utama. Sobat Sikapi dapat mengerjakan pekerjaan sampingan ini setelah pulang kerja atau di akhir pekan. Contoh pilihan pekerjaan yang dapat kalian lakukan adalah menjadi freelancer. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga