Cara Bikin Rumah Sejuk Tanpa AC

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 15 Juli 2023
0 dilihat
Cara Bikin Rumah Sejuk Tanpa AC
Cara membuat ruangan sejuk dan dingin bisa dengan memperbaiki sirkulasi udara. Untuk mencegahnya, sebaiknya buat langit-langit yang tinggi. Foto: Orami.co.id

" Ruangan yang nyaman tentu bisa membuat orang di dalamnya menjadi lebih fokus dalam bekerja, serta lebih rileks ketika beristirahat "

KENDARI, TELISIK.ID - Ruangan yang nyaman tentu bisa membuat orang di dalamnya menjadi lebih fokus dalam bekerja, serta lebih rileks ketika beristirahat.

Sehingga tak sedikit orang berusaha mengatur demikian rupa baik di ruangan kerja ataupun kamar tidur. Selain mengatur tata letak dan melakukan dekorasi, ruangan yang nyaman juga dipengaruhi oleh sirkulasi udara di ruangan itu sendiri.

Pada dasarnya, ruangan dengan sirkulasi udara yang buruk cenderung membuat suhu ruangan terasa lebih pengap dan panas. Sedangkan ruangan yang lebih tertutup dan minim terkena cahaya matahari cenderung lebih lembap.

Berikut cara bikin rumah sejuk tanpa AC seperti dikutip dari Orami.co.id dan review.bukalapak.com:

Baca Juga: Tips Kelola Keuangan Ala Anak Kos dan Perantau

1. Perbaiki sirkulasi udara

Cara membuat ruangan sejuk dan dingin bisa dengan memperbaiki sirkulasi udara. Perlu Anda pahami, panas identik dengan pengap. Untuk mencegahnya, sebaiknya buat langit-langit yang tinggi.

Bagaimana jika langit-langit telanjur dibuat rendah? Perbanyak jendela dan kisi-kisi rumah sehingga udara bisa berganti dengan mudah.

Sirkulasi udara yang baik tidak hanya membuat ruangan menjadi sejuk, tetapi juga dapat bermanfaat untuk kesehatan Moms dan keluarga. Manfaat dari memiliki sirkulasi udara yang baik di rumah, berarti akan memiliki banyak udara segar di rumah.

2. Tempatkan tanaman hijau di dalam ruangan

Pilih tanaman hijau ukuran kecil dan letakkan di sudut ruangan. Tidak hanya menyejukkan mata yang melihatnya, tanaman hijau ini juga berfungsi mengurangi pengap dan menambah pasokan oksigen di ruanganmu. 

Namun, ingat untuk mengeluarkan tanaman ini di malam hari karena saat malam tanaman akan mengeluarkan zat karbondioksida. 

3. Gunakan humidifier

Tidak seperti AC, mungkin banyak orang yang masih belum tahu apa itu humidifier dan apa fungsinya. Nah, sedikit informasi, fungsi humidifier sendiri yaitu untuk melembapkan suhu ruangan, sehingga suhu di area tersebut menjadi lebih stabil dan normal.

Berbeda dengan AC, humidifier dikenal lebih baik bagi kesehatan. Humidifier bekerja dengan melembapkan udara dengan menyemprotkan uap air ke udara, sehingga kelembapan udara lebih terjaga.

4. Pasang kanopi atau tirai bambu

Memasang kanopi di atas halaman rumah berguna untuk mengurangi paparan sinar matahari langsung ke dalam rumah. Selain membuat halaman rumah lebih teduh, kanopi bisa menunjang penampilan rumah Moms.

Baca Juga: Pencaker Wajib Tahu, Cara Buat Kartu Kuning atau AK1 Secara Online dan Offline

Lengkapi dengan memasang tirai bambu atau kerai pada teras untuk mengurangi sinar matahari hingga 70-80 persen. Selain menghalau panas, tirai juga berguna mengurangi paparan debu atau tetesan air di musim hujan.

5. Menggunakan exhaust fan

Seperti penjelasan sebelumnya, suhu udara yang panas dalam sebuah ruangan bisa disebabkan karena sirkulasi udara di ruangan tersebut buruk. Untuk itulah kamu perlu memperbaikinya. Salah satu cara mengatasinya yaitu dengan memasang exhaust fan.

Alat ini berfungsi menstabilkan udara di ruangan tersebut dengan membuang hawa panas di dalam ruangan ke luar, sehingga sirkulasi dan pertukaran udara dapat terjadi dengan baik dan ruangan pun akan terasa lebih sejuk. Umumnya, exhaust fan digunakan pada kamar tidur, dapur, atau pun kamar mandi. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga